Cara Menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng


Ada banyak cara untuk menuju ke dalam kawasan bandara yang berkode CGK ini. Dari menggunakan mobil pribadi, rental, taksi, ojek, hingga bus Damri.
Terdapat banyak pilihan yang bisa mengantarkan kita ke bandara internasional yang sekarang sudah sangat padat.

Sebagai pengguna rutin, khususnya di tahun 2012 ini, banyak suka-duka dan cara mudah maupun sulit untuk menuju kawasan itu. Mudah, mungkin bagi yang biasa menggunakan taksi atau berlokasi dekat dengan jalur Damri. Tetapi akan merupakan sebuah tantangan bila di luar jalur itu.

Saya sehari-harinya berkantor di perempatan kuningan Gatot Subroto, daerah yang tidak dilewati Damri bandara kecuali di jalan tol-nya. Artinya sama saja tidak lewat di jalur yang bisa distop sewaktu-waktu. Dari kawasan ini, titik terdekat untuk mendapatkan damri bandara adalah di pancoran hingga gerbang tol Pancoran ke arah kuningan. Damri masih bisa distop di sini. Namun, karena jadwal yang juga jarang, serta kemungkinan terjebak kemacetan antara ruas pancoran hingga slipi, pilihan ini tidak terlalu favorit menjadi andalan, karena kurang yakin dengan waktu tempuh dan waktu untuk memperoleh Damri.

Piihan Utama

Pilihan utama, menggunakan damri yang berangkat dari Blok M dengan naik dari Senayan JCC (gerbang tol semanggi). Namun, dari beberapa kali kejadian jum’at sore yang lalu-lintasnya sangat padat, seringnya di atas jam 16, damri tidak masuk gerbang semanggi, melainkan terus ke arah slipi, dan masuk tol di gerbang ini. Padahal sudah dibela-belain turut dari busway di senayan JCC dan menyeberang lalu-lintas yang sering ramainya.

Akhirnya, rumus berubah. Piihan pertama naik dari gerbang tol Slipi, dengan harapan beruntung mendapatkan limpahan arus lalu-lintas damri dari blok M, dan yang pasti dari Lebak Bulus. Namun sayangnya dari Lebak Bulus intervalnya cukup lama dan terjebak macet hingga slipi.

Nah, alternatif yang sebenarnya sering, tetapi untung-untungan, adalah mendapat tumpangan (tidak gratis tentunya) dengan mobil pribadi. Saya pernah mengalami jumat minggu lalu. Setelah celingukan tolah-toleh mencari Damri yang tak kunjung tiba, ndilalah ditawari mobil pribadi untuk ke bandara. Ternyata ybs adalah mobil rental bandara yang baru saja menurunkan penumpang di kawasan Slipi Jaya. Alhamdulillah, dapat tumpangan, dengan membayar Rp. 20.000,- sama dengan Damri, tetapi lebih cepat sampai.

Pernah juga sebelumnya, karena terjebak di gerbang semanggi, dengan modal nekat meminta tumpangan (ikut iuran seharga tiket Damri lho) ke bandara. Ada seorang polisi yang baik hati, Pak Edy Santoso yang bersedia mengangkut saya, di tengah waktunya dia yang harus buru-buru mengejar penerbangan ke Yogyakarta.

Di lain waktu, Mas Yuni Haryanto, teman kos yang bekerja di Jawa Pos Radar Solo, pernah juga ditawari tebengan ke bandara di gerbang tol Slipi dengan tarif 20 ribu perak. Berarti di kawasan ini sudah bisa disimpulkan cukup ada alternatif menuju bandara yang bisa diandalkan.

Jalur Timur

Bila anda berasal dari jalur timur dan tidak dilalui Damri, padahal lokasi sangat strategis, seperti contohnya Cawang / UKI, berdasarkan informasi dari Pak Ghozali, alumni elektro ITB tahun 1986,ternyata terdapat juga omprengan dari depan halte BNN Cawang menuju bandara. Tarifnya, non bagasi Rp. 10 ribu, adapun dengan bagasi Rp. 20 ribu. Dari sini mobil langsung masuk tol di depan Stasiun Cawang. Sebuah alternatif unik dan membantu penumpang yang akan menuju bandara.

Saya sendiri belum tahu, wujud kendaraannya seperti apa. Mudah-mudahan bagus dan nyaman.

Cadangan Waktu

Selain angkutan, waktu yang dicadangkan untuk menuju Cengkareng juga menjadi faktor penting. Ada yang dengan berani mencadangkan hanya 1 jam, tetapi saya lebih konvensional, sebisa mungkin di atas 3 jam sebelum terbang. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kondisi lalu-lintas di ibu kota yang serba tidak menentu. Namun tentu harapannya lalu-lintas lancar ketika kita lewat dan tidak tersendat.

Senin kemarin saya berdiskusi dengan calon penumpang yang tinggal di Bogor, karena pengalamannya ketinggalan pesawat dan harus membeli tiket lagi, ybs mencadangkan 7 jam sendiri untuk pergi dari rumahnya di Bogor menuju bandara.


Saran untuk DAMRI

Ke depannya, diharapkan Damri memperbanyak rute untuk menuju bandara. Titik yang krusial adalah kawasan Grogol, yang ternyata belum ada Damri bandara yang beroperasi di daerah ini. Padahal sangat membantu. Saya pernah kecele karena saya pikir di terminal Grogol ada damri bandara, ternyata tidak ada. Dan terpaksa harus naik taksi :(

Jam Operasi Damri

Bus damri beroperasi kira-kira sebagai berikut :

Dari semua penjuru :
beroperasi dari jam 4.00 hingga jam 20.00 dengan interval terdekat 10 menit (gambir) dan paling lama 60 menit.
Namun ada juga yang mulai dari jam 3.30

Ke semua penjuru :
beroperasi dari jam 4.00 hingga jam 24.00 dengan interval sekitar 15 – 30 menit.
Beberapa jurusan bahkan ada yang mulai berangkat lebih awal dan pulang lebih akhir, sekitar jam 00.10 menit (Kampung Rambutan). Namun itu semua tergantung kondisi. (SON)

77 thoughts on “Cara Menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng

  1. Pingback: Cara Handal Menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng « Komuter Surabaya – Jakarta

  2. thx, infonya yah, cuma agak kurang ngerti, mobil yg ongkosnya juga 20 ribu kaya mas cerita itu ada namanya ga? saya juga nih di daerah grogol musti ke slipi dulu kalo mau naik damri. bahaya ga cegatnya ? soalnya kalo bawa koper berat kan ga praktis juga, thx

    • pokoknya berdiri saja di sebelah kanan di bawah fly over tol slipi JDC yg dekat gerbang tol. DI situ kendaraan pelan kok krn antri mbayar tol.

      Kalau tau kita bawa tas / koper, mobil2 ybs membuka kaca dan sopirnya menawari ke bandara kok. Ada juga taksi yg menawari. jadi nggak usah ragu. tp sbelum naik pastikan dulu kalau tarifnya 20 ribu.

      Bahkan damri pun masih mau berhenti. (dari lb bulus dan buangan dari blok M)

      Salam Komuter

  3. mohon informasinya : kalau saya tinggal di dekat Jalan Panjang kebon jeruk, trus mau ke bandara sebaiknya naik bis damri dari mana ya? ada yg menyarankan ke lebak bulus, apakah ke slipi lebih dekat dibanding ke lebak bulus dulu? terima kasih

    • lebih dekat dari perempatan slipi / gerbang tol slipi JDC/Palmerah.
      soalnya bus lebak bulus tetap ujung2nya juga masuk tol di situ.
      dan juga selain damri banyak omprengan yang lewat.

  4. Saya googling ada PPD P 33 jurusan Terminal Grogol – Bandara Soeta. Bener gak? Soalnya besok siang tiba di bandara trus mau ke Grogol. Terima kasih…

  5. O gitu ya mas? Wah harus merubah rencana nih… Tujuan saya sebenarnya adalah Hotel Mega Anggrek di Jalan Arjuna Selatan. Dari hasil googling tadi saya akan naik bis dari Bandara ke Grogol trus ganti angkot B14 jurusan Grogol – Puri Indah. Tapi kalo rute ke Grogol dari bandara tidak ada ya harus merubah rencana.
    Mungkin ada saran mas? Kalo gini gimana ya, naik Damri jurusan Pasar Minggu turun di Pancoran trus ganti Trans Jakarta turun di Central Park/Podomoro City baru ganti angkot B14. Atau naik Damri jurusan Blok M, karena saya cari info keluarnya di pintu tol Tomang (RS Harapan Kita) Benar gak mas?
    Atau ada alternatif lain, yang jelas bukan pake taksi :)

  6. Alhamdulillah lancar mas, naik Damri jurusan Blok M trus turun di dekat Halte TJ Slipi Kemanggisan. Habis itu naik TJ turun di Central Park trus ngojek sampe hotel (sekitar 3 km)
    Sekarang saya mau tanya mas, kalo mo ke Bandara bisa nyegat Damri di Slipi ya mas? Dari yang njenengan tulis di depan JDC, tadi saya lihat google map itu yang ada Halte TJ Slipi Petamburan ya mas? Damri pasti mau ya dicegat disitu? Kalo pagi yang dari Blok M lewat situ gak mas? Suwun…

  7. mas mau tanya, saya mau ke bandara Soekarno Hatta tapi saya dari stasiun, kalo saya cari di google map stasiun yang terdekat kan stasiun gambir, nah dari stasiun gambir itu kalau mau ke bandara soekarno hatta berapa jam kira2? trus naik apa? soalnya saya belum pernah ke Jakarta …kalau naik damri bisa gak mas? rutenya bagaimana?trus kalau di bandara itu gimana prosesnya mas? kalau bisa dibls via email jg nggak papa mas resisha@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    • mBAK yAnti,
      dari Stasiun Gambir ada bus Damri kok, berangkat tiap 10 – 15 menit.
      mulai beroperasi jam 4 pagi s/d 20.00. tarif 25 ribu, rutenya dari Gambir – Kemayoran – Tol Bandara. Waktu tempuh sekitar 40 – 1,5 jam. tp kalo macet bisa lebih.

      Kalo keretanya lewat st. Pasar minggu, di sana juga ada Damri ke Bandara, cuma berangkatnya agak jarang, 20 – 30 menit sekali.

      Yg penting siapkan waktu cadangan, minimal utk penerbangan dalam negeri 4 jam sebelum terbang. klo luar negri 5-6 jam seblumnya krn ada pemeriksaan imigrasi.

      Klo di bandara, tergantung make maskapai apa dan tujuan ke mana, itu bisa ditanyakan atau beberapa tercetak di tiket. di cengkareng ada beberapa terminal, 1A, 1B, 1C, 2D/E, 2 F dan term. 3. ZTergantung maskapai dan tujuan penerbangan.

      Pada waktu masuk ke dalam, tunjukkan tiket penerbangan, lalu cek-in di counter / loket maskapai yang bersangkutan. Dari situ lalu tanya saja harus ke mana ruang tunggu untuk boarding (masuk ke pesawat). Masuknya ke pesawat nunggu panggilan. Usahakan sudah berada di dalam ruang tunggu sekitar sejam sebelum terbang.

      Kalau bingung, jangan malu utk bertanya kepada orang lain khususnya petugas.
      Tapi kalo ke Luar negri, hati2, karena ada saja oknum yg memanfaatkan ketidaktahuan itu.

      trims sudah mampir.

      • saya kan berangkat dari Madiun, pengennya seh mau naik kereta ekonomi (biar lebih irit) tapi gak ada yang jurusan stasiun gambir, jadi agak ribet ya kalau dari stasiun pasar senen? dari Madiun kan jam 13.44 tiba di Stasiun pasar Senen jam 01.24..nah kalau tujuan saya ke Turkey apakah cukup waktu tersebut untuk menuju bandara ditambah pemeriksaan imigrasi? Terminal 1A, 1 B, 1 C, 2 D, 2E/F dan term 3 itu maksudnya apa mas?

  8. Mbak Yanti, klo dari stasiun senen dekatnya ke stasiun Gambir, klo mau naik Kopaja cuma 10 menit, 2000 rupiah.
    Nah itu, masalahnya kalo nyampenya kepagian, ya perlu hati2..

    Terbangnya naik pesawat apa sih ? mungkin nantinya turun di terminal 2E internasional. Jadi terminal2 itu memisahkan jurusan dan merek pesawatnya. Kalo turki, setahu saya dari terminal 2D / 2E. bilang aja ke kondekturnya.

    Kalo bisa jangan mepet2 dengan jadwal terbangnya, sehingga sudah ada persiapan sebelumnya.

  9. kopaja nya kira kira aman nggak ya?hehe takut soalnya kan pagi bgt…ooo berarti saya langsung blg ke kondektur bis Damri untuk turun di terminal 2E gt ya mas? pakai Turkeys Airlines mas…iya saya juga nggak pengen mepet2 sebenre tapi masih bingung untuk nyesuain sama jadwal keretanya… :-/ saya kan pakai e-ticket nih mas? nah itu nanti nunjukin e-ticketnya pas mau berangkat atau jauh -jauh hari udah confirm dulu mas ke Turkeys Airlinenya? atau cukup print Boarding Pass aja udah cukup?

    • terbangnya kapan dan jam berapa Mbak ?
      kalo sudah sore, kok seprtinya mendingan sampeyan dari Madiun naik bis aja.
      cari yg tujuan Rawamangun. Dari rawamangun ada Damri Bandara. Tapi jangan sekali2 ke pulogadung, lebih ngawur calo2nya dan nggak ada damri bandara. Atau cari bus madiun tujuan lebak bulus, meski terhitung memutar, ada damri juga ke bandara dari sana.

      Klo naik kereta ya harus nunggu agak pagi supaya aman ke gambirnya.
      atau kalo mau naik kreta, naiklah yg Bima supaya bisa turun gambir.

      Sebaiknya telp Turkish airline terlebih dahulu utk pastikan jadwal, menghindari hal2 yg tidak diinginkan, sperti jadwal yg penuh dll.

  10. saya mau tanya, terminal keberangkatan dan kedatangan itu sama atau tidak (dalam artian masih 1 lokasi)?

    dan apa damri ini berenti di setiap terminal, dan ngasih tau ini terminal1/2/3dst??

    terus kalo mau naik damri itu ada semacam loket, atau kita bayar langsung didalam bus??

    terimakasih

    • 1. terminal kedatangan dan keberangkatan sama untuk merk maskapai dengan tujuan yang sama, misal merpati dan garuda sama2 di term 2F. atau Lion Sumatera sama2 di term 1B, dst. yg membedakan hanya pintunya saja (pintu keluar dg pintu masuk dipisah)

      2. Damri berhenti di tiap terminal, biasanya pas naik ditanya mau naik apa dan turun di terminal brp. Jangan khawatir, asal nggak ketiduran aja pasti diberi tau kok oleh kondektur. Saran saya, pas naik kasih tau utk nurunin kita di terminal yg kita tuju.

      3. naik damri bisa beli tiket dulu di loket atau langsung naik dan bayar di atas, sama saja.

      makasih sudah mampir

  11. Sore Mas, saya mau tanya kalao dari Bandara Soeta ke Hotel Atlit Century Senayan itu naik bis Damri yg jurusan ke mana? Trus turun dimana? Trus lanjut naik apa ke hotelnya?, trus kalao kebalikannya dari Hotel Atlit Century ke Bandara rrcn naik Damri harus ke teriminal mana? naik apa ? Maklum sy bukan org Jakarta. ({}) -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ infonya !!

    • Silahkan naik yg tujuan Blok M, turunnya di halte busway Senayan atau setelahnya, saya kurang hapal pas-nya, tetapi silahkan ditanyakan ke kondektur / pengemudinya. Trus dari situ nyebrang jembatan penyeberangan, paling jalan sekitar 200 – 300 meter sudah sampai, hotelnya kelihatan di pinggir jalan.

      • -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ infonya mas, sy sdh sampe di hotel atlit jkrt tanpa kuatir kesasar, skrg sy mau tanya; kalo mau ke bandara pswt 6.30 pagi, rncn mau naik bis damri lagi dari blok M, kalo naik taxi kira2 habis brp ya dr hotel atlit ke blok M ? , trus jam brp enaknya brp brkt dr hotel supaya Ğak ‎​ telat, kmrn sy tanya kondekturnya bis damri mulai jalan jam 3 pagi,lokasinya benar ya di dalam deket jalur bus way, -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ infonya

      • kayaknya kalo dari hotel atlit ke blok M pangkalan damri bisa naik blue bird sktr 15 menit aja paling lama, apalagi kalo pagi. tarifnya saya pikir masih di kisaran 30 -40 ribu. klo utk pswt jam segitu paling telat usahakan jam 5 sudah berangkat

  12. Slmt pagi mas, mohon bantuanx.. saya mw ke bandara ngejar penerbangan jam 5 pagi. Sya dari purwokerto naik kereta ke gambir nyampe gambir sktr jam 2 pagi. Dari gambir saya mw naik taxi aja krn mw check in awal kbtulan sama istri dan bayi kami. Mas kalo naik taxi yang aman apa ya? Kalo blue bird kira2 tarifx berapaan ya dari gambir-bandara.. dan jarak/waktu tempuhx brapa lama.. trims

    • Pak, naik Purwojaya ya ? insya Allah sudah tepat.
      kalo bisa : cek in dulu kalo ada fasilitas web cek in.
      naik bluebird sktar 120 ribu termasuk tol, waktu tempuh kalo jam segitu paling 30 menit. blue bird oke kok. kalo jarak mungkin sekitar 30 km.

  13. ok sip,, oya mas kalo blue bird biasanya pesan via dulu ya? atau ada pangkalannya gak di stasiun gambir.. thanks bwt infonya.. sukses selalu

  14. ok sip,, oya mas kalo blue bird biasanya pesan via telpon dulu ya? atau ada pangkalannya gak di stasiun gambir.. thanks bwt infonya.. sukses selalu

  15. Salam kenal, Pak.
    Mohon bantuannya.
    Kalo saya naik Damri ke Green Bamboo Hotel Kuningan
    saya harus naik damri jurusan apa ya pak?
    yang arah Blok M atau Pasar Minggu atau Gambir?
    Terus stop-nya dimana ya yang aman?

    Karena seperti yang bapak tulis, kalo di Gatot Subroto juga lewat tol jadi ga bisa stop disana.
    kalau harus berhenti dan lanjut naik angkot, taksi, atau busway, bisa minta saran yang lebih bagusnya gimana.
    Mohon infonya ya pak.
    Makasih sebelumnya. :)

      • Oh, begitu ya pak. Di bandara, Saya lihat di web,
        counter Xtrans kebanyakan ada di area keberangkatan.
        Kalo yang di area kedatangan,
        apa yang di Terminal 2 F, Shelter Bus inter moda dan Terminal 3 ya pak?

        Untuk jurusan, saya naiknya Xtrans yang mana pak?
        BANDARA SOEKARNO-HATTA – KARTIKA CHANDRA
        BANDARA SOEKARNO-HATTA – SERPONG / BINTARO

        Trus nanti abis naik Xtrans, pas arah2 deket kuningan saya stop dimana ya pak, yang gampang untuk nyambung taksi?

        Maaf nih ya pak. Banyak tanya. Karna saya belum banyak tau tentang Jakarta, :)
        Makasih banyak udah membatu pak.

      • klo di term 2, klo nggak salah ada juga di term kedatangan kok. di term 2, kedatangan dan keberangkatan hanya beda lantai saja, kedatangan di lt 1, keberangkatan lt 2.

        X trans ke kartika Chandra, turun di pemberhentian terakhir. di situ banyak taksi lewat ke arah perempatan kuningan. alamat bamboonya di mana ? klo ada ,nanti kasih tau ke sopir taksinya.

  16. Salam kenal, hanya ingin berbagi info,.siapa tau bermanfaat,.kebetulan saya sekarang tinggal di kawasan Bandara lebih tepatnya Sepatan ,.Tiap hari pulang pergi bawa mobil ber 2 istri kantor di Slipi,.klo ada yang minat bareng silahkan sms saya ,.klo kata org mubazir bangku belakang kosong,.yah skalian itung2 buat bayar tol,.hehee,.thanks rizal 0857 1064 5344

  17. mas mau tanya, kalo dari bandara soeta mau ke apartemen tamansari sudirman enaknya naik damri yg jurusan mana ya ? soalnya saya googling katanya bisa naik damri yg ke blok M ya mas trus turun semanggi, apa bener damri ke blok M itu bisa berhenti di semanggi, soalnya kalo saya mau naik damri yg ke gambir, trus naik taksi lumayan ongkosnya, kalo emang damri yg ke blok M bisa turun di semanggi kn lumayan ongkos taksinya gak sebrapa banyak,, tolong info dan bantuannya ya mas, terimakasih sebelumnya.. :)

  18. Pak, saya mau tanya. saya baru landing sekitar jam 19.30 ngejar kereta jam 21.30 di Gambir. kira2 naik damri bisa terkejar waktunya gak ya? apa lebih baik naik taksi? Terimakasih sebelumnya.

    • SULIT.
      karena biasanya kalo malam trend pesawat adalah delay, bisa mendekati 2 jam, serta lalu lintas malam hari cukup padat. Baik naik taksi atau damri saya pesimis bisa nyampe.

  19. mas, saya mau tanya damri paling pagi dari bandara ke gambir jam berapa yaa ? terus damri keberangkatan paling terakhir dari bandara ke gambir juga jam berapa ? saya soalnyaa nyampek bandara jam 10 malam dan mau lanjut naik kereta api dari stasiun senen jam 06.10 pagi baiknyaa gimana yaa terimakasih sebelumnyaa :)

    • mr dimas, klo paling pagi dari gambir spertinya jam 5.
      kalo mau naik kereta nggak ngejar tuh. mendingan naik taksi aja.
      kalo paling akhir jam 24.00 pas, tp adanya nggak di tiap terminal. biasanya start di term 2F, dan ngetem sejenak di 1A.
      mendingan bablas ke gambir begitu nyampe, tp hati2 di sana.

      • maksudnyaa dari bandara yaa mas jam 5 pagi damri nyaa ? pengen nyaa sih gitu mas langsung ke gambir tapi kata nya agak rawan yaa tingkat kejahatan nyaa, baiknyaa gimana yaa mas apa ada rekomendasi tempat yg aman buat nunggu di daerah gambir atau senen makasih sebelumnya :)

      • Nah itulah yg repot mas.
        tp dengan memberanikan diri, nunggu di st gambir yg banyak petugasnya kupikir layak dicoba.

        tanya aja sama kondektur / sopir damrinya di mana tempat nunggu yang aman.

        Perkiraan jam 2 pagi sudah mulai ada kereta dari jateng yang datang. atau nunggu di pos polisi terdekat..

      • makasih mas info nyaa yg sangat membantu hehe oiyaa satu lagi nih mau nanya, kalau kereta api bisnis ke jogya seperti fajar utama yogya itu sudah pakai ac belum mas ? terus apakah masih seperti dulu yg banyak pedagang atau pengamen di dalam nyaa ? makasih :D

  20. Bang nanya dong;.. aku sekitar tgl 02 / 03 nov ke jakarta ni,,
    dari bandara ke east mega kunignan enaknya naik bus damri yg turun gambir apa yg jurusan blok M ya / saya masih bingung,, mohon pencerahannya bang :)

    • mr/ms dyan,
      mega kuningan jalur nanggung. Ada jurusan Blok M, Psr Minggu, atau juga Gambir. tp tidak tepat di kuningannya.
      kalau yg dekat mendingan naik X-trans brkt tiap jam turun di Kartika Chandra, sambung ojek nggak seberapa jauh, paling ojek 15 rb.

  21. mas kl saya rencana mau terbang ke medan menggunakan airasia jam 10.35 saya dri semarang tiba di senen menggunakan kereta tiba jam 3.40 kira2 saya harus keluar dr senen jam berapa utk cari ojek ke gambir lalu naik damri ke bandara?kalo terlalu pagi rawan ga si mas ?soalnya jg mau mencadangkan waktu juga buat berjaga jaga.

    • jadwal tiba kereta jam 3.40 sepertinya molor sejam – 2 jam.
      jadi begitu nyampe senen langsung ngojek / kopaja ke gambir aja.
      jangan tunggu waktu.
      Bismillah, insya Allah aman. banyak berdoa.
      jaraknya nggak jauh sih senen-gambir.

      Trus terminal Air Asia di terminal 3. bilang ke kondekturnya ya.
      supaya didulukan term 3.

  22. mas saya dari purwokerto naik purwojaya turun di gambir jam 1 malem
    nah kalo ke seota buat penerbangan jam 6.45 penerbangan lokal
    kira2 enak naik apa? damri sempet gak? misal taxi bisa borongan ga yaa kira2 berapa harganya

    • naik damri gambir yg pertama aja, dapet Insya Allah.
      damri 25-30 rb, naik taksi borongan sprtinya juga ada, mungkin di 50 rb.
      klo bs web cek in dulu (tergantung maskapainya)

  23. mas mau nanya, Kalau misalnya hari minggu saya berangkat dari stasiun gambir dengan damri jam 1100 pagi kira-kira bakal keburu gak buat naik pesawat yang jam 1530? Apakah di jakarta macet pada hari minggu? Terimakasih

  24. Mas saya mau nanya dong, saya kan dari Kalimantan baru pertama kali ke Jkt sendiri, saya udah booking hotel di daerah Grogol dekat Univ Trisakti. Tolong kasi info dong rute Damri dari Cengkareng ke Grogol lebih telah nya dekat Univ Trisakti. Makasih

  25. damri terdekat yg keluar dekat grogol adalah jurusan blok M, gambir, atau lebak bulus. tapi turunnya di slipi jaya, dan harus balik arah lagi shg agak repot.
    paling cepat naik taksi, tp argo di kisaran 70 ribu

  26. mas, mau nanya,, saya dari jogja naik kereta ke pasar senen,, nyampe di stasiun jam 1.52 pagi,, dan mau ngejar pesawat lion air jurusan padang jam 5.50..
    amanya saya ke bandara pake apa ya ? kalo taksi jam segitu tarifnya berapa ya mas ? kalo pake damri masih kekejar ga ?

    • taksi klo dapet argo lebih baik.
      sy biasanya taksiku, exppress, yg biasa org pake sperti blubird.
      argo perkiraan saya di kisaran 130 – an rb.
      damri terdekat ke gambir jam 3 kmgkinan baru brkt. ya agak mepet.
      usahakan bisa web cek in dulu (lion 24 jam – 4 jam sblm keberangkatan).

  27. Slm kenal, mas sy sdg berobat di Dharmais asal Pontianak, klw mau ke Bandara naik damri yg terdekat dimana nunggunya ya, trimakasih

    • dari dharmais naik bus ke perempatan slipi palmerah (paling cuma 5 menit), lalu nyebrang. nyegat di kolong dekat pintu tol Slipi. ada damri dari Lebak Bulus atau mobil pribadi yg mau ngompreng ke Bandara. mereka buka kaca nawarin ke Bandara Cengkareng. trims

  28. Halo mas.. Saya mw nanya.. Dr cengkareng soekarno hatta mau ke jalan sam ratulangi gmn yah cara nya??? Yg bukan naek taxi.. Trimaksih atas jwbn nya…

    • gampang banget. naik aja damri (jenis elf/micro bus/ bus mini) jurusan thamrin city. turun di bunderan HI. dari situ jl sam ratulangi sudah dekat (sekitar sekilo). bs nyambung ojek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s