Bus Cepat Jagoan di Jawa


Ratusan kali naik bus, kalau boleh meringkas, ada beberapa perusahaan bus yang layak dijadikan referensi (baca : layak dicoba) karena kehandalan layanannya, terutama dari sisi waktu.

Jakarta – Solo – Wonogiri – Pacitan

Untuk kelas ekonomi dan patas, masih dipegang oleh PO Aneka Jaya yang asli dari Pacitan. Pasalnya, bus ini dikenal minim ngetem dan mampir-mampir untuk rute panjang. Mungkin pelanggan tidak mendapatkan sajian makan malam seperti bus yang lain. Tetapi dari sisi ketepatan waktu sangat layak diandalkan. Setahu saya, bus ini justru menjadi rujukan oleh penumpang wilayah Wonogiri dan Sukoharjo karena banyak pelanggan yang berasal dari daerah sana. Bus selalu berangkat antara jam 10 pagi hingga jam 11. Tidak pernah lebih. Dan sekitar jam 2 – 4 pagi sudah sampai di tujuan akhir. Armada menggunakan mesin Hino RG.

Jakarta – Bandung

Dulu ketika jalan tol Cipularang belum dibuka, saya sering pp di akhir minggu rute Tangerang – Jakarta – Bandung. Rujukannya adalah Arimbi / Bima Suci / AJA. Bus ini mengambil start dari Merak, mampir di Serang, di pool Cikokol, lalu mampir Kebon Jeruk, dan bablas ke Bandung. Armadanya bermesin Hino RG dan terlihat kekuatannya mengalahkan merek-merek lain yang searah.

Jakarta – Surabaya :

Safari Dharma Raya masih menjadi pilihan pertama karena kecepatan dan kemudahan mencari tiket (maklum, dekat kos). Pernah akhir tahun kemarin, dari Jakarta jam 14, jam 5 pagi sudah masuk Surabaya. Padahal biasanya jam 8-9 pagi. Rata-rata sampai jam 7 pagi. Sayangnya, di rute ini tidak ada bus yang berangkat lebih sore dari Jakarta, dan lebih awal dari Surabaya.

Jakarta – Semarang – Kudus – Rembang

Jagoannya tentu saja PO Nusantara. Dengan armada berkelas seperti Scania, kecepatan tentu menjadi sesuatu banget. Di jalan bus ini terlihat mudah mendahului rival-rivalnya, Tujuan akhirnya juga bermacam-macam, dari Kudus, Cepu, Rembang, Pati, Jepara, dll.

Di rute ini juga ada bus cepat yang bagus-bagus, seperti Bejeu, dan Haryanto. Bahkan Haryanto mengambil rute hingga ke Madura. Nama Haryanto juga pantas diunggulkan bersama dengan Nusantara. Adapun Bejeu, terakhir saya lihat sudah menggunakan fasilitas Wifi di dalam armada busnya, sehingga terkesan lux.

Bandung – Solo – Wonogiri

Kramat Djati masih menjadi teratas, paling tidak selama periode 1999 – 2004 yang lalu. Kelas pelayanannya dari Ekonomi non AC hingga eksekutif. Uniknya bus rute dari Bandung ke timur yakni tempat duduk yang hanya 2-2, bukan 2-3 sehingga terasa lebih lapang dan nyaman, reclining seat meskipun kelas ekonomi non AC. Kecepatannya juga masih diandalkan. Bus cukup bersih. Ada juga PO Suka yang memiliki keunggulan hanya beristirahat sekali saja di Cimanggu Cilacap sehingga bisa menghemat waktu perjalanan.

Surabaya – Solo – Yogya

Untuk kelas ekonomi, tentunya Sumber Kencono yang menjadi nomor 1. Pasalnya, sudah jumlah bus 230 unit, beroperasi 24 jam, mayoritas AC, dan ketepatan waktu menjadi andalan. Bus ini tidak suka ngetem, dan kalaupun terpaksa harus ngetem, harus dikompensasi dengan mengejar waktu yang hilang tadi sehingga berjalan lebih cepat. Dengan jarak antar bus yang sangat dekat, tentunya ngetem harus dikurangi sehingga penumpang lebih cepat sampai di tujuan.

Untuk kelas eksekutif / patas, karena tiada saingannya ya PO Eka masih menjadi pilihan. Jadwal operasinya yang 24 jam juga menjadi poin plus tersendiri.

Surabaya – Malang

PO Restu yang sebagian besar armadanya baru dan bergambar panda menjadi raja di rute ini. Saingannya juga banyak, tetapi karena jumlah armada yang banyak dan kecepatan masih bisa diandalkan, tentu layak untuk dipilih dalam urutan teratas.

Surabaya – Ponorogo – Pacitan

Aneka Jaya sepertinya masih menjadi pilihan menarik. Hanya sayangnya jumlahnya yang tidak terlalu banyak (4 x sehari utk rute Surabaya Pacitan, dan ada beberapa rute Surabaya – Ponorogo). Bus ini juga tidak ngetem seperti bus rute yang sama. Terlebih rute Pacitan, masyarakat Ponorogo lebih memilih bus ini karena langsung dan tentunya lebih cepat.

Masih banyak rute-rute lain yang belum saya tuliskan karena memang belum saya naiki atau karena tidak berkesan :)

83 thoughts on “Bus Cepat Jagoan di Jawa

  1. slamat malam mas, numpang tanya saya mau pergi ke rembang, kalau yng berangkat dari terminal tg.priok dengan tujuan rembang. adanya bis apa aja ya mas? trims

  2. malem juga mas, saya kurang tahu persisnya, tetapi kemungkinan besar bus Kramat Djati, Pahala Kencana, Nusantara, dan atau Haryanto. mereka punya pelanggan yang ke arah Madura / Surabaya sehingga tj priok menjadi salah satu terminal utama.

  3. Ane juga pecinta bus mas, dari kecil aktivitas mudik malang-madiun hampir 95% menggunakan bus (kesukaan saya masih Restu sih mas, dari yg versi lama sampai versi Panda “ATB”). kecuali tahun2 terakhir alhamdulillah sudah ada kendaraan sendiri. sekarang saya berdomisili di purwakarta, jawabarat, baru 5 bulan sudah 5 kali pulang kampung ke malang, 7 diantaranya naik bus (6 kali naik “Pahala Kencana” dan 1 kali naik “Kramat Djati”). Dan masih berkeinginan mencoba bus merk lain. Salam kenal mas Ari.

    • Mas Haris, terima kasih sudah mampir.
      Naik bus memang mengasyikkan, apalagi kalau bagus, cepat, dan tidak neko2 serta handal. Selamat juga sudah punya roda empat sendiri. Doakan saya juga segera nyusul. salam kenal..

      • Ortu mas yg udah punya roda 4. saya baru saja memulai membangun hidup saya di sini. roda 1 saja belum punya.hehe. mas, minta info dong, raya itu termasuk bus reguler atau bus malem mas? misalkan bus malem kan harus cari tiket dulu. kapan2 saya pengen naik bus raya. planning saya sih dari malang kesurabaya naik Restu Panda pujaan hati saya :D , dilanjut naik Sumber Kencono biar olah raga jantung, trus naik Raya deh turun cikampek. kiar2 bisa ndak ya mas? Nuhun penerangannya :)

    • Nggak apa2 Mas. yg penting enjoy :)

      Raya yang reguler hanya jarak dekat, seperti Solo – Semarang, atau Solo – Yogya (pastinya saya kurang tahu persis utk reguler). Sedangkan mayoritas Raya adalah bus malam, sehingga tiket harus beli di agen / terminal, dan tentunya tidak bisa ngecer di pinggir jalan. Bisa kok turun cikampek, biasanya di pertigaan Jomin atau pertigaan sebelum masuk tol.

      Nomer telp sayangnya saya cari di internet agak sulit. Mungkin bisa telp ke 0271-108, telp penerangan Telkom di Solo, minta nomernya Raya.

  4. siang mas……….mau tanya kereta api kelas ekonomi dari jakarta surabaya berapa harga nya ya sekarang dan pemberangkatan nya jam berapa

  5. Assalamualaykum mas… Saya biasa mudik dari jakarta ke malang naik bus kramat jati. Tapi selalu berangkat jam2 siang. Kira-kira mas punya info gak bus jakarta-malang yg berangkat lebih pagi?

    • Mbak Erika, setahu saya semua bus antar kota berangkat paling cepat jam 2 siang. Bila ada yang lebih pagi, kebetulan saya belum tahu. terima kasih sudah mampir

    • Pake akas asri aja trus turun tol sby gempol ato porong trus ganti patas ke malang…biasanya akas asri msuk porong jam 4.30

      • Akas asri brkt dr jakarta jam 11-12 siang, ato ikut haryanto madura turun bungurasih ganti patas malang…klo g salah haryanto brkt jam 10 pagi

      • kalo haryanto ke madura bukannya nggak lewat bungurasih, tp langsung ke perak ?
        saya pernah naik sekali, trus turunnya di dekat bundaran exit tol perak.

  6. Tambahan referensi aja….Jakarta Jember yg pengin nyampe pagi ada Akas Asri..fasilitas bagus (tp bukan SE),cepat,nyaman,paling pagi nympe jember dbanding PO lain dgn tujuan sama..servis makan enak..dr jakarta antara jam 11-12

  7. Jakarta-Solo bisa juga coba Rosalia Indah maupun Raya. Mesin mengguakan MB OH 1113, OH 1518 maupun Oh 1521 Bandung- Yogya malah sekarang juga ada Budiman mesin Oh 1518 dan 1521. Kalau mau pagi2 Bandung-Yogya isa pake PK Denpasar, mesin menggunakan MB OH 1525/1526.
    Jakarta Jogja juga ada Safari Dharma Raya, mesin menggunakan OH1518, Yuchai, Hino RK8, dan MB OH 1525.

    • tergantung tujuan mana Mbak.
      klo jakarta – jatim semua AC. bisnis & executive.
      ada di kisaran 120rb – 200 ribu.

      klo sby – tulungagung : rp. 40 rb, patas
      ekonomi kurang tau.

  8. mau nanya nih mas. saya mau mudik dari SBY ke SOLO. rencana brangkat besok kamis malam (setelah taraweh). kira2 kalo naik bus EKA CEPAT tarifnya sekarang berapa ya?? tiketnya bisa booking gak???. atau barangkali ada bis lain yg bsa dibooking tiket utk SBY-SOLO?? tarifnya brapa?… trimz

    • harga idul fitri saya kurang tahu mas. coba tanya ke poolnya EKA saja : 031-788-2345
      ada juga bus lain, Rosalia Indah. poolnya dekat ramayana bungurasih. no telp 031-853-0871
      ini bisa dipesan juga kalo belom penuh.

      silahkan…
      trims sudah mampir

    • kayaknya datang aja ke terminal tirtonadi, dan setahu saya nggak ada agen khusus, karena selalu berhenti di terminal. Khususnya yg ke arah sby, beberapa menit berhenti di area parkir keberangkatan ke timur.

  9. maaf mau tanya? kalau bus bejeu ada gak rutenya dari cikarang ke purwodadi,., Grobogan trus berapa ya ongkosnya?? satu lagi kalo dari cikarang ke jogja ada juga gak kira2 ongkosnya berapa? terima kasih

  10. mas, klo dari terminal labuan ke bandung naik bus apa yah???24 jam tidak???saya dari rencana jum’at malem dari carita mo k bandung….

    • labuan ke bandung setahuku nggak ada yg langsung. tp harus transit di jakarta / kalideres.
      transit aja di kebon nanas (cikokol). dr labuan ada Murni, Asli Prima, dll yg jurusan kalideres. turun di kebon nanas / cikokol di poolnya Arimbi / AJA. Bilang saja ke kondektur pasti tahu. kemungkinan di sini 24 jam krn tengah malam sepertinya masih ada, cuma jarang2.
      lalu ke Bandung naik Arimbi / Bima SUci / Aja executive dari poolnya tersebut turun di leuwi panjang.

  11. bus labuan bandung setahu saya ada yg langsung namanya po RUDI rutenya labuan bandung via rangkas bitung.. atau dr carita ke cilegon dahulu dr sana bnyk bus tujuan merak bandung via cilegon..

    • kayaknya di kisaran 60an – 70 ribu deh.
      yg banyak rute ini adalah Budiman, sama Primajasa.
      Tengah tahun kemarin pernah naik primajasa yg exec dari cileunyi ke rambutan, dikenakan tarif 50 ribu sprtinya krn tarif tasikmalaya. jadi kalo banjar mungkin selisih 20an ribu..

  12. Mas mukhlason, mau tanya ni. Bus jurusan malang-jakarta yang paling ‘recommended’ kira2 apa ya? yang kecepatannya ‘wow’..saya pernah 4x naik kramat djati, tapi dari segi kecepatan kurang sih, jadi pengen ganti yang lain..trimakasih

    • waduh, aku blom pernah rute sampe malang Mas.
      tp kayaknya kalo pas dapet sopir yg ngejos, Safari Dharma Raya OBL juga bisa jadi alternatif.
      Aku pernah dari Jkt permata ijo jam 2 siang, jam 6 kurang sudah nyampe jl Arjuno surabaya, padahal biasanya jam 8 lewat tuh.
      trims sudah mampir..

    • DARI WEB :
      http://www.bismania.com/home/archive/index.php/t-7546.html?s=76d1271951153f40c3d8c040e701b1dc
      PO. Akas I
      Jl Raya Panglima Sudirman 255 – Probolinggo
      Telp. (0335) 432502
      Trayeknya:
      >> Probolinggo – Malang PP
      >> Kalianget – Banyuwangi PP (via situbondo)
      >> Bondowoso – Surabaya PP
      >> Situbondo – Surabaya PP
      >> Banyuwangi – Surabaya PP (via situbondo)

      Akas NNR:
      Jalan Raya Sukapura/Triwung Telp (0335) 427075
      Probolinggo – JATIM
      Trayek Akas NNR :
      > Probolinggo – Ponorogo PP,
      > Probolinggo – Surabaya PP,
      > Probolinggo – Malang PP,
      > Probolinggo – Banyuwangi PP,
      > Probolinggo – Cirebon PP,
      > Jember – Surabaya PP,
      > Malang – Cirebon PP.
      > Surabaya – Kalianget PP,
      > Surabaya – Ponorogo PP,
      > Surabaya – Denpasar PP,
      > Surabaya – Yogya PP(jarang).

      Akas Asri (tergabung Akas II):
      Jl Soekarno Hatta 54
      Probolinggo
      Phone: 0335-421166 , 422584
      Fax: 0335-421166
      Trayek bus Akas Asri :
      > Probolinggo – Yogyakarta PP,
      > Ambulu – Ponorogo PP,
      > Ambulu – Surabaya PP,
      > Banyuwangi – Surabaya PP,
      > Banyuwangi – Denpasar PP,
      > Jember – Surabaya PP,
      > Jember – Denpasar PP,
      > Jember – Kalianget PP,
      > Jember – Jakarta PP,
      > Jember – Malang PP.

      PO. Akas III : Anggun Krida / Kurnia Jaya
      Perum Sumber Tmn Indah Bl J/9,Sumber Taman,Wonoasih
      PROBOLINGGO
      Telp : 0335 7607569 Jl Prof Dr Hamka,Karang Lor,Kademangan
      PROBOLINGGO
      Telp : 0335 427958 [SIZE=2.9]Trayek bus Akas III
      >> Surabaya – Jember PP
      >> Surabaya – Ambulu PP
      >> Surabaya – Banyuwangi PP
      >> Surabaya – Bondowoso PP
      >> Surabaya – Situbondo PP
      >> Malang – Jember PP
      >> Purwokerto – Banyuwangi PP

      PO Akas IV
      Jl Raya Panglima Sudirman 237,Jati,Mayangan
      PROBOLINGGO
      Telp : 0335 428503
      Trayek bus Akas IV :
      > Muncar – Kalianget PP,
      > Bondowoso -Surabaya PP,
      > Bondowoso – Kalianget PP,
      > Banyuwangi – Surabaya PP,
      > Banyuwangi – Semarang PP,
      > Malang – Denpasar PP.
      Sumber : http://expertofsomething.multiply.com/ (Om Saptanu)

  13. selamat malam mas mukhlason, saya mau info aj tuk pacitan yg pasti ad 2 bus. po aneka jaya & po agra mas. tuk yg mau naik excutive hanya agramas. berangkat dari tj. priok bukan di terminal di samping stasiun ka jl. cucut di situ ada agen po agramas berangkat jam 2. siang mampir ke pademangan angkut penumpang. trasit di karawang masuk pool cek jumlah penumpang langsung to pacitan via tol cikampek. samapai di terminal pacitan jam 7 pg (maaf pengalaman saya baru naik bis ini di terminal wonogiri ban pecah hrs ganti ban ) harga tiket 135 rb

    • Matur nuwun infonya Mas. ternyata Agra Mas sudah buka sampe pacitan ya.
      sepertinya belum lama yo. Bagus lah kalo begitu. semoga bisa jadi referensi kawan2 pengguna bus ya.

      Semoga Aneka juga tetap bisa bertahan, apalagi dengan reputasi yang cukup cepat dan tidak ngetem-ngetem langsung bablasss..

  14. Salam kenal Mas, sekalian tanya ya untuk PO.Aneka Jaya Pacitan – Jakarta ada ngak ya agen/pool nya yang di Tangerang, matur nuwun makin banyak info nich

  15. suwun mas, biasanya aneka jaya tujuannya /posnya term lebak bulus mudah2an nanti buka di tangerang kota biar kalau pulang kampung pct bisa naik aneka jaya (omahku kidul alun-alun mas)

      • Lebaran ini kayaknya gak pulang, njenengan sekarang tinggal di mana wah saya salut lho meskipun ngakunya wong ndeso tp pengalaman & pengetahuannya sak abrek , jadi inspirasi masyarakat sekitarnya semoga sukses yo mas

  16. kalau dari wonogiri (terminal apapun disana) menuju ke nganjuk naik apa? trs tarifnya berapa? terima kasih

    • wonogiri – nganjuk ada bus sumber kencono (sumber slamet / sugeng rahayu). tp saya nggak tau jadwalnya karena sehari cuma ada bbrp trip (sedikit). mendingan ke solo aja nyambung sumber / eka / mira yg dari jogja / semarang. sangat banyak busnya.

      trims sudah mampir

  17. numpang nimbrung sdikit.y Hhehehee..

    Klo Jurusan Jakarta-Banyuwangi-Madura Msih Tetep Di Pegang Sama Si IJO King Of Road.nya LORENA”
    Mesin Mercy OH 1525/1626&1830 pernah coba brapakali Pp sma teman”
    Wieeeh NgeBlOong Abiezzz…
    Di Pantur ps malam hari.

    Smpe2 Bbrapa kali Bus Scania.nya Punya Harapan Jaya & Nusantara Gk ada prlawanan yg berarti ps wktu di blong sma si IJO Lorena

    Smpe2 Scania Trbaru Punya Nusantara Di Bloong jga Tnpa Prlawanan

  18. Emang tu bner Si IJO bis.nya sama2 Mercy tp kq bisa Ngebloong klewatan gtu.y ??????
    Apa Standar Mercy Tp Di Modif Abis Mesin.nya Lorena tu.y !!!!!!!!

    Pa lg klo w ke Sumatra tTp dan Selalu Si IJO King Of Road yg jd Penguasa jalan.
    Lorena lorena dan Lorena.

    saingan.nya Cman Als & Pmtoh yg lumayan cepat. klo Pahala Kencana Gk Labil Ngebut.nya

  19. Mengikuti blog sampean cukup mengasyikkan,juga sangat informatif,saya jadi tahu lebih banyak nama2 bus,itu yang disebut GMS itu apa ya?apa Gajah Mungkur?hla S nya apa?Boleh minta bantuan informasi ya mas,kalau dari Pelabuhan Ketapang(Banyuwangi) mau ke Jember antara jam 16.00s/d18.00 itu kendaraan umumnya apa?Apa harus keterminal bus atau bisa nyegat di jalan raya depan pelabuhan?Untuk info yg akan segera saya dapatkan ngaturaken gunging panuwun.(Saya domisili di ibukota rencananya mau mabur ke Bali,pulangnya mau numpak sepur Logawa dari Jember ke Purwokerto)

    • matur nuwun sudah mampir Mas. ini hanya improvisasi hobi jalan-jalan :)
      GMS = Gajah Mulia Sejahtera, masih segrup sepertinya sama Gajah Mungkur, tp sudah beda pool.

      Kalau dari pelabuhan ketapang mau ke jember naik angkot dulu ke terminal yg ke arah jember (bukan term ketapang), waktu tempuh sekitar 20-30 menit. Bisnya lebih jarang sih. Gak tau sore masih ada apa nggak. soale baru sekali ke sana.

      lama perjalanan jember banyuwangi naik bis lebih dari 4 jam, jadi agar disiapkan jadwal perjalanan sebaik-baiknya.

      salam

  20. Salut mas, atas semua informasi tentang bus dalam bog anda. Share pengalaman aja, sebulan sekali naik bus Blitar – Sragen PP.
    Ekonomi : Blitar – Kediri – Nganjuk “Kawan Kita” bus 3/4, waktu tempuh lk 4 jam, tarif
    Rp 20rb Jam operasional 04.00 s/d 17.30 an.
    Nganjuk – Madiun – Sragen dg SS/SR/Mira, lk 3,5 jam, tarif Rp 19rb,
    operasional 24 jam. Total Rp 39rb, lk 7,5jam
    Blitar – Purwokerto “Dahlia Indah” jam 07.30 dan 09.30. belum coba.
    info servicenya tdk recomended.
    Bisnis AC: Blitar – Sragen/Solo via Kediri – Nganjuk – Caruban – Ngawi, lk 5 jam,
    service makan di RM Ros-In Ngawi “Rosalia Indah” Tarif Rp 80rb
    Jam 19.00, 21.00, 23.00 Trayek Malang – Tegal / Cilacap
    Blitar Tl.Agung -Caruban – Sragen, lk. 6 jam, tarif lk.Rp 60rb dg bus :
    – “Puspa Jaya” Trayek Blitar – Tj.Karang jam 08.00
    – “Handoyo” Trayek Blitar – Palembang jam 08.00
    – Bus trayek Jkt/Sumatra-an sebagian kecil. Mis. Harjay, trf Rp 70rb via
    Tl.Agung – Madiun lk.6 jam. Jam 11.00

    • yg langsung ada sumber grup (entah sumber selamat atau sugeng rahayu).
      tp jamnya nggak apal krn sehari cuma ada bbrp bus aja.
      klo yg pasti, naik aja jurusan SBy – Solo, turun solo oper tujuan ke wonogiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s