Simple Stupid : Memperkuat Penerimaan Sinyal Modem Wireless


Solusi bodoh-bodohan saja. Sebagai maniak internet yang menggunakan modem wireless tanpa antena eksternal, serta tinggal di wilayah handover (gonta-ganti) BTS, serta terbatasnya tempat yang nyaman di rumah yang mungil, saya harus memperkuat penerimaan sinyal modem sehingga tidak putus-nyambung seperti sebelumnya.

Terinspirasi oleh antena jadi buatan toko, dan bermodalkan beberapa material berikut ini, langkah2 dimulai : Alat :
1. palu
2. tang, untuk memotong kabel
3. cutter / pisau, untuk mengelupas kabel
4. korek api, untuk mengelupas kawat email.

Bahan :
1. kabel koaksial, terserah yang berapa ohm, panjangnya menyesuaikan jarak antena dengan lokasi modem 2. klem kabel, ukuran dan jumlah menyesuaikan kabel koaksial
3. kawat email, untuk dibuat sebagai gulungan tempat medan elektromagnetik yang diberikan untuk modem. 4. antena penerima sinyal, dalam hal ini saya cuma menggunakan kawat jemuran.

Caranya,
1. Gulung kawat email / kawat koil dengan diameter sebesar modem untuk dijadikan selongsong / jaket. Kupas ujung-ujungnya dengan cutter atau dibakar.
2. kupas kabel koaksial di ujung-ujungnya. Ujung yang satu disambungkan dengan antena penerima, dan ujung yang satu disambung dengan gulungan kawat email / kawat koil.

Kawat antena penerima harus diletakkan di tempat yang kemungkinan terpapar sinyal cukup kuat seperti di atas genting / di lantai yang lebih tinggi. Arahkan ke sumber sinyal / BTS.
kabel koaksial supaya rapi diklem di dinding. Jika sudah, gulungan koil diselongsongkan di modem, dan siap digunakan.

Hasilnya, penguatan sinyal yang terjadi, bila dibandingkan sebelum menggunakan antena dan setelah menggunakan cukup signifikan. Minimal tidak lagi sering terputus karena mengalami pergantian BTS sehingga koneksi tetap stabil. (SON)

Leave a comment