Perbandingan Vendor


Kalo dibanding2kan, dari beberapa vendor yang berhubungan bisnis dengan kantor yang saya sudah intens berkomunikasi, ada hal-hal yang sangat unik.

Fabrikator :
– yang didukung infrastruktur handal dan SDM yang jago2, adanya di SG, tetapi kelemahannya, harganya di atas vendor lain. Sayangnya, ada beberapa oknum yang mengambil kesempatan dari kapabilitas yang ada, dan malah terkesan tusuk belakang, dan sama2 bersaing di bidang yang sama. Miris deh. Mungkin karena plat merah..

– Yang berani banting harga, ya DT. Hanya saja, pengalaman proyek sebelumnya kualitas sangat meragukan. Apalagi ada beberapa oknum swinger yang berasal dari SG. Tapi, mudah2an ke depannya lebih baik soalnya karena harga lebih murah, ada lagi proyek yang dikerjakan. Uniknya, di awal proyek, meeting saja dipaksakan di rumah. Sekarang, lokasi pabrik sudah diperluas, dan dibangun, cukup progresif. Begitu pula kantornya, sudah cukup nyaman untuk mengadakan meeting. Lebih nyaman dibanding vendor-vendor yang ada. Kelemahan lain, dekat pabrik trasi yang cukup aduhai aromanya. Juga adanya anjing yang membuat risih.

– Yang SDM cukup handal, tetapi fasilitas fabrikasi kurang dan banyak disubkan, ya DN. Proyek sudah banyak, tetapi personalnya juga banyak. Pengalaman individual cukup bagus, banyak yang berlatarbelakang powerplant. Hanya perlu diorganisir lebih baik dan diperbanyak fasilitas fabrikasinya supaya semakin moncer.

– Yang jagoan konstruksi, ya BB, fasilitas fabrikasi OK, SDM cukup oke. Kelemahannya, kadang hubungan naik turun, dan juga tidak bisa mendadak, terutama dalam hal transportasi🙂

Forwarder :
– Yang jagoan handling import : MC. Hanya, kesannya khususnya di Surabaya, cabang setempat kurang terlibat. Ini terlihat dari hanya segelintir orang yang mengurusi hal-ihwal import dan forwarding ke site.

– Yang lumayan dalam forward darat, GM, terutama pengalaman dalam powerplant. Sayangnya, banyak oknum yang saling mendirikan kerajaan sendiri, bisnis di dalam bisnis.

– Yang cukup sederhana, tetapi lincah dan bisa menyesuaikan diri, ya SP. Apa maunya kantor, ikut aja. Meski sambil tarik ulur dan kadang ada mis-koordinasi. Bagusnya, mereka punya kapling gudang di pelabuhan sehingga membuat cukup fleksibel keberadaan barang-barang proyek.

One thought on “Perbandingan Vendor

  1. u know lah says:

    hah?? vendor dt, tak lah..barangnya jeleeekkkk bangett..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: