Prof. Ichsan Setya Putra, One of The Phenomenal Lecturers


PROF. Ichsan Setya Putra, guru besar ke-lima Teknik Penerbangan ini termasuk dosen fenomenal. Di masa beliau menjadi ketua jurusan / departemen, menurut saya prestasinya luar biasa, antara lain :

1. Disiplin memasukkan daftar nilai akhir mahasiswa

Teknik penerbangan adalah jurusan yang paling awal memberikan daftar nilai perkuliahan setiap akhir semester. Gelar ini dipegang sudah beberapa periode (kurang tahu saat ini). Efek positifnya, mahasiswa tidak bertanya2 status nilai dan kelulusannya pada mata kuliah yang diikuti sehingga bisa mengalokasikan waktu untuk hal lain maupun mata kuliah berikutnya.

2. tiap akhir semester para wali mahasiswa dikirimi transkrip nilai

Pada zaman P Ichsan (kajur) & Pak Hari Muhammad (sekjur), tiap akhir semester para wali mahasiswa dikirimi transkrip nilai yang menggambarkan kemajuan studi mahasiswa ybs ke alamat rumah, menggunakan biaya kirim dari kampus. Ini adalah fungsi kendali wali murid sebagai stake holder mahasiswa yang sudah dikirim untuk bersekolah.

Kontras dengan jurusan lain atau kampus lain, yang bahkan si mahasiswa bisa mengelak pada ortu mengenai status perkuliahannya. Memang hal yang sepele, tapi imbas positifnya luar biasa.

3. Perhatian terhadap mahasiswa juga cukup bagus.

Ada salah satu kawan yang bahkan sudah memberitahu saya telah mengundurkan diri dari perkuliahan. Namun akhirnya setelah orang tuanya ditemui oleh Pak Ichsan, teman saya tersebut kembali aktif berkuliah. Bahkan sekarang sudah menjadi salah satu punggawa di Departemen berseragam abu-abu.

4. Pak Ichsan ibarat kelinci Energizer, baterainya tidak habis2.

Berapa banyak mata kuliah yang diajarkan oleh ybs, dengan jumlah murid yang tidak sedikit karena merupakan kuliah wajib, bahkan memberikan pelajaran tambahan di luar jadwal perkuliahan yang berlaku (semacam responsi). Selain itu, masih sempat-sempatnya menghapalkan nama siswa dan masih ingat hingga saat ini.

5. Disiplin waktu juga menjadi poin pendidikan yang diajarkan.

Bila terlambat masuk kelas atau masuk setelah ybs mulai mengajar, pasti disuruh menutup pintu dari luar kelas🙂. Yang sering terkena, adalah peserta kuliah jam 7 pagi. (SON)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: