Jangan Malu Belajar ke Daerah


Inilah yang masih salah dari negeri ini.
Mentang2 di pusat, malu dan lupa untuk belajar dari daerah, dan lebih mementingkan diri untuk belajar dari luar negeri yg tentu saja sebagian besar kultur budaya, sosial, dan sejarahnya berbeda. Anggapan bahwa daerah itu lebih inferior dibanding pusat, dan tidak ada apa-apanya yang pantas dan layak untuk dipelajari dan dicontoh.

Mau contoh dari transportasi ?
Itu loh, busway yang sudah monopoli, tapi tetap acak2an pelayanannya.
Berbeda jauh dengan bus2 jateng utara dan jatim yang TOP BGT dehh, meskipun sama2 kelas ekonomi.

Kalo kelas eksekutif, pernah dengar bus Bejeu rute jakarta – jawa tengah ? fasilitasnya Wifi dan coffee maker di dalam bus. selain laju / kenceng, bus ini juga nyaman. Tetangganya, ada Nusantara, Shantika, Haryanto, Indonesia, Restu Panda, Rosalia Indah, Mira, dan tidak kelupaan, Sumber Kencono Grup. Bus-nya masing2 perusahaan berjumlah puluhan atas hingga ratusan, dan mayoritas armada baru, dengan rute yang masih bersinggungan satu-dengan lainnya, alias sama-sama bersaing.

Mau contoh dari kepemimpinan ?
Kenal dan pernah ke Surabaya kan ?
di sana, beberapa tahun terakhir sedang digalakkan pembangunan utk mengatasi kekumuhan, keruwetan, dan juga kemacetan. Ada contoh suksesnya, yakni pembangunan box culvert di atas saluran sungai di wilayah Menur dan juga di Kupang – Banyu Urip. sekarang jalanannya lebar dan tentu tidak macet. Coba ini dicontoh untuk kawasan semisal yakni rute Cawang – Kalimalang – Pangkalan Jati. Berapa tambahan luasan jalan yg bisa diberikan untuk pengguna jalan.

Memang, daerah tidak se-wah Jakarta, tetapi hal-hal yang baik tentunya sangat layak untuk diteladani.

2012/7/12 <ahmad.zamakhsyari>

Suka banget bagian ini:

" Trus, ANDAIKAN Jokowi menang, hal ini akan membuat information shock untuk seluruh kandidat pemimpin daerah di seluruh Indonesia, secara tidak langsung kemenangan ini mengirimkan isyarat yang kuat bahwa sistem karir politik di Indonesia tidak hanya bisa dibangun dari lobi dengan petinggi partai, tapi bisa juga dibentuk dari prestasi mengurus kota kecil yang kemudian beranjak mengurus kota besar dan lebih penting,"

Di Korea Selatan juga dulu gitu, myung bak sebelum jd presiden, sukses dulu jadi walikota Seoul🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: