Rekor Waktu : Surabaya – Maospati (Magetan) : 180 menit


Sabtu dinihari, setelah turun dari Merpati MZ334 jam 22.15 di Juanda, disambung ojek pulang ke rumah di Semambung. Jam 0045 melanjutkan langkah ke terminal Bungurasih di pintu keluar. Jam menunjukkan 01.05 WIB hari sabtu.

Stop watch langsung saya setel begitu MIRA bergerak. Sayangnya saya tidak sempat mencatat nomor polisinya. Dalam waktu 15 menit sudah sampai di pertigaan Krian (barat pool sumber kencono). Sambil ngantuk-ngantuk, ternyata terminal Mojokerto sudah terlewatkan. Bangun-bangun sepertinya sudah lewat Mojoagung Jombang, tetapi jalanannya tidak saya kenal.

Ternyata, setelah bertanya ke kondektur, rutenya berbeda dengan biasanya karena di Mojoagung berbelok ke kiri melewati jalanan yang alternatif tembus ke daerah Tebuireng, dekat pesantren dan makamnya Gus Dur, lalu kembali bertemu dengan jalur Surabaya – Madiun di samping stasiun Jombang. Ini dilakukan untuk menghindari kemacetan parah di proyek pembangunan jalan layang melintasi atas rel KA di Peterongan.

Stop watch saya menunjukkan angka 01:00:03 manakala bus Mira sudah lepas dari tebuireng menuju Stasiun Jombang. Sebuah rekor yang baru saya alami, karena biasanya baik siang maupun tengah malam, biasanya memakan waktu rata-rata 1 jam 45 menit hingga dua jam.

Selanjutnya saya tertidur, dan terbangun ketika menjelang saradan, lalu tidur kembali, dan baru bangun manakala masuk caruban. Lepas dari sana, si Mira ini uber-uberan dengan Sumber (sepertinya SUgeng Rahayu, karena samar-samar kelihatan gambar lumba-lumbanya). Trek lurus Balerejo hingga Nglames (Tiron) dibuat balapan kedua bus besar ini, dengan dimenangkan oleh Sugeng Rahayu. Maklum, MIRA harus menaik-turunkan penumpang di trek ini.

Di terminal madiun, stopwatch menunjukkan 2:41:00. Sayangnya, di sini bus ngetem karena ada penumpang yang ke toilet. Tidak berapa lama, bus bergerak kembali. Sampai di Maospati, stopwatch berbilang 3:00:05. Sebuah catatan tersendiri karena biasanya saya tidak pernah mengalaminya.

Beberapa tahun yang lalu, waktu masih bujangan, pernah juga naik AKAS (seperinya yg NNR) dari Surabaya ke Ponorogo. Rekor waktu 2 jam 45 menit. dan mayoritas saya tinggal tidur, biar nggak ngeri.

Posisi Aman

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, hindari duduk di 5 barisan depan. Saya paling merasa aman bila duduk di barisan tengah hingga 3 baris dari belakang biarpun digoyang ban belakang waktu menghajar lubang jalanan.

One thought on “Rekor Waktu : Surabaya – Maospati (Magetan) : 180 menit

  1. You might want to explore an opportunity with a leading O & M provider for desalination/power plant in the Middle East, NOMAC. Pls send me a copy of your updated cv to lilibeth@jvi-global.com or feel free to call me at +971-508873857 for further information. Regards, Lilibeth Reforzado-Recruitment Executive-Jerry Varghese Dubai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: