Permohonan Pelunasan Tanah Perluasan MTs 2 Muhammadiyah Tulakan – Pacitan – Jatim


Jakarta, 30 Oktober 2012

Kepada :

Ysh. Jajaran Pengurus Pusat Muhammadiyah

Di Yogyakarta & DKI Jakarta

Hal : Permohonan Pelunasan Tanah Perluasan

MTs 2 Muhammadiyah Tulakan

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Perkenalkan, nama saya Muhammad Ari Mukhlason bin Muhammad Badawi bin Muhammad Thoyyib. Bapak saya, Muhammad Badawi bersama almarhum Paman saya Muhammad Baidjuri adalah pewaris sebidang tanah di Dusun Krajan, Desa Bungur, Kecamatan Tulakan, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Saat ini, di atas tanah tersebut yang dahulunya adalah tempat tinggal kakek dan nenek saya sudah dibangun perluasan MTs Muhammadiyah 2 Tulakan.

Letak tanah tersebut sangat strategis, karena hanya terletak sekitar 100 meter di sebelah barat kantor Kecamatan Tulakan, Kab. Pacitan.

Kronologi

Sekitar tahun 2008 – 2009, salah satu Panitia pembangunan MTs Muhammadiyah yang bernama H. Aminuddin, mencari sebidang tanah untuk pembangunan MTs 2 Muhammadiyah Tulakan. Setelah melalui negosiasi, disepakati harga Rp. 140 juta untuk semua luasan atas nama M Thoyyib yang merupakan hak M Badawi bin M Thoyyib dan Rp. 70 juta untuk luasan atas nama M Thoyyib yang merupakan hak Asa Zain Muttaqien bin Muh Baidjuri bin M Thoyyib.

Kedua bidang tanah tersebut merupakan satu kesatuan yang merupakan tanah warisan dari almarhum M Thoyyib yang diwariskan kepada kedua anak laki-lakinya, yakni Muhammad Badawi dan Muhammad Baidjuri.

Luasan tanah a/n M Badawi bin M Thoyib :

Sebagaimana kesepakatan awal, harga disepakati sebesar Rp. 140 juta, dan karena sudah diniatkan dari awal, untuk Rp. 10 juta dijadikan wakaf sebagai pengurang harga tanah sehingga menjadi Rp. 130 juta saja. Adapun selanjutnya, proses pembayaran yang sudah dilakukan dilakukan beberapa tahap (dicicil) dengan total sekitar Rp. 78.300.000,- (tujuh puluh delapan juta tiga ratus ribu rupiah).

Sehingga kekurangan pembayaran adalah sebesar sekitar Rp. 51.700.000,- (lima puluh satu juta tujuh ratus ribu rupiah) (Info dari Bendahara Proyek, Ibu Widi, Selasa, 30 Oktober 2012).

Luasan tanah a/n Asa Zain Muttaqien bin Muh Baidjuri bin M Thoyib :

Sebagaimana kesepakatan awal, harga disepakati Rp. 70 juta. Adapun selanjutnya, proses pembayaran yang sudah dilakukan selama beberapa tahap dan saat ini sudah diterima total sebesar Rp. 58 juta dan masih kurang Rp. 12 juta (dua belas juta rupiah).:

Kondisi Saat Ini

Saat ini, di kedua bidang tanah tersebut sudah berdiri beberapa ruang kelas MTs Muhammadiyah 2 Tulakan yang merupakan perluasan lokal ruang kelas dari MTs 2 yang sudah dibangun beberapa tahun sebelumnya di belakang masjid Mujahidin Kecamatan Tulakan. Bahkan ruang kelas perluasan tersebut kini sudah jadi, ditempati dan aktif dipergunakan untuk kegiatan belajar-mengajar sejak sekitar pertengahan tahun 2010 yang lalu.

Namun, yang menjadi ironi, sisa pembayaran sebesar sekitar Rp. 51.700.000,- dan Rp. 12 juta hingga kini (30 Oktober 2012) belumlah dibayarkan. Bahkan pembayaran terakhir untuk a/n Muhammad Badawi, dilakukan sekitar bulan Februari – Maret 2010 silam atau sekitar 2,5 tahun yang lalu.

Hingga beberapa bulan lalu, sebenarnya kami selaku pemilik tanah yang bersangkutan sudah berkali-kali menanyakan perkembangan pelunasan tanah ini kepada Panitia Pembangunan MTs 2 Tulakan ini. Namun, jawabannya ternyata di luar dugaan, yakni tidak ada lagi dana untuk pelunasan tanah ini.

Untuk itu, kami selaku pemilik tanah tersebut sangat berharap pihak Muhammadiyah dari segala tingkatan organisasi, baik Pengurus Pusat di Yogyakarta dan Jakarta, Pengurus Wilayah di Jawa Timur, hingga Pengurus Cabang di Pacitan, dapat segera melunasi kekurangan pembayaran tanah perluasan MTs Muhammadiyah 2 Tulakan ini.

Surat ini terpaksa kami layangkan kepada Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah karena selama 2,5 tahun terakhir realisasi pelunasan pembayaran belum ada hingga sekarang.

Besar harapan kami jajaran Pengurus Muhammadiyah segera dapat memberikan realisasi pembayaran tersebut.

Kami menunggu balasan dari jajaran Pengurus Muhammadiyah hingga hari Kamis, 29 November 2012 yang akan datang.

Sekian dari kami, terima kasih atas segala perhatian.

Wassalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Muhammad Ari Mukhlason

bin Muhammad Badawi bin Muhammad Thoyyib

Bekerja di PT Indonesia Power, Div. PPU, Lt. 7

Jl Jend Gatot Subroto, Kav. 18

Jakarta Selatan

HP : 0818.223.062

email : son

blog : https://mukhlason.wordpress.com

Tembusan :

– Pengurus Wilayah Muhammadiyah Propinsi Jawa Timur

– Pengurus Cabang Muhammadiyah Kabupaten Pacitan

– Pengurus Ranting Muhammadiyah Kecamatan Tulakan

– Asa Zain Muttaqien bin M Baidjuri bin M Thoyyib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: