Saya dan Merpati


Setelah setahun bergonta-ganti maskapai, akhirnya mulai akhir kuartal 1 2012 saya jatuh hati dengan Merpati. Banyak hal positif yang saya dapatkan dari Merpati dibandingkan dengan maskapai lain :

1. Jadwal yang tepat.

Saya adalah penglaju week end untuk rute Jakarta – Surabaya pp dengan kantor di Jakarta. Jadwal Merpati MZ-334 & MZ-337 sangat pas untuk saya.

2. On Time Performance sangat bagus.

Karena saya hanya memiliki waktu sehari 24 jam, saya tidak mau alokasi waktu saya berkurang karena masalah-masalah delay. Merpati sudah mampu membuktikan ketepatan waktu yang sangat bagus. Dari 18 kali penerbangan, dalam Maret – tengah Juni 2012 saya catat ada 4 kali keterlambatan.

Yang terlama selama satu jam lebih sedikit dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Berikutnya delay karena jadwal digeser dengan pertimbangan jam kerja awak kabin yang overtime dan diberitahukan terlebih dahulu malam sebelumnya melalui SMS. Sisanya di kisaran kurang dari satu jam dan salah satunya sudah diberitahukan untuk diajukan, tetapi ternyata malah diundur 30-an menit dari jadwal seharusnya. Setelah itu, relatif akurat jadwal keberangkatannya.

3. Saya Yakin dengan Perawatan Pesawatnya

Ini saya ketahui pada saat kerja praktek pertengahan tahun 2002 di Brake & Wheel Shop Merpati Maintenance Facility, Juanda. Kawan-kawan di lini perawatan sangat profesional, cekatan, terlatih, dan didukung oleh peralatan yang memadai. Inilah awal perkenalan saya dengan Merpati.

4. Pelayanan Ramah dan Informatif

Kru Merpati saya lihat dan rasakan sudah sangat memahami akan sebuah bisnis pelayanan transportasi. Beberapa waktu terakhir khususnya, awak kabin dan kru darat cukup informatif, khususnya dalam informasi mengenai pemberangkatan pesawat. Apabila mengalami keterlambatan, segera diinformasikan serta buru-buru disajikan kompensasi delay tersebut kepada pelanggan. Pelayanannya sudah cukup menjiwai.

5. Tarif Bersaing

Tidak dapat dipungkiri, tarif adalah suatu faktor yang ikut mendominasi pilihan penerbangan. Bila kita merencanakan bepergian jauh hari sebelumnya, kita dapat menghemat budget yang berlebih. Selain itu, promosi sebagai member dan fasilitas Free Of Charge untuk tiap 10 X penerbangan menjadi sebuah magnet tersendiri untuk penglaju rutin seperti saya.

6. Suguhan Sederhana Tapi Mengesankan

Meskipun sering diadakan promo, kualitas servis khususnya makanan ringan tidaklah berkurang. Merpati jauh lebih unggul dan istimewa bahkan dibandingkan maskapai lain dengan tarif yang lebih mahal dan tanpa snack. Psikologis pelanggan sebagai tamu akan selalu mengingat suguhan sederhana ini tapi jitu ini.

Sebenarnya hubungan saya dengan Merpati tidak dimulai baru-baru saja. Merpati memiliki keterkaitan dengan saya karena :

– Kerja Praktek di Merpati Maintenance Facility Sidoarjo, tahun 2002.

– Pertama naik pesawat jet komersial menggunakan Merpati, (1 Jan 2008, SUB-CGK, jadwal jam 06.00 terbang baru jam 09.00, Semoga tidak lagi terulang delay seperti ini).

– MMF letaknya hanya 2 km dari rumah saya.

Jum’at (27/7/12) jam 19.18 penumpang sudah dipanggil untuk masuk ke dalam pesawat. Sekitar jam 19.46 pintu sudah ditutup, dan tepat jam 19.50 push back car sudah mendorong B-737-500 PK-MDT untuk segera terbang pada jam 20.00.

Senin (30/7/12) jam 05.47 dipanggil masuk ke dalam pesawat PK-MDT. Dan ternyata terdapat pula Dahlan Iskan, yang sama-sama naik Merpati sesuai janjinya. Jam 06.10 pesawat mulai mengangkasa, dan tiba di Cengkareng sekitar jam 07.15.

Saran untuk Merpati, jalinlah kerja sama dengan instansi / lembaga / perusahaan, karena banyak di antara pengguna jasa penerbangan adalah dari kalangan tersebut, termasuk perusahaan BUMN.

Dengan fakta-fakta tersebut, saya tidak ragu lagi untuk senantiasa merekomendasikan Merpati kepada kawan-kawan sebagai pilihan pertama. Beginilah seharusnya airline memberi pelayanan.

Hakaadzaa Haqquth Thairaan…

Beginilah Sebenarnya Airline🙂

Muhammad Ari Mukhlason

pemegang easy flyer no. 6000-9385.

Alumni Teknik Penerbangan – Institut Teknologi Bandung

Leave a Reply

