Pendidikan ITB yang Semakin Tidak Terjangkau : Menggugat ke MK ?


ITB = Institut Teknologi Berduit.
Kere ? ke laut aja..

Saya lihat, ini sudah ada beberapa kasus yang terangkat di milis karena kebetulan ada kontak dengan salah satu kawan alumni. Nah, berapa banyak lagi kasus yang tidak terangkat karena tidak ada kenalan ? Dan berapa banyak pula yang akhirnya minder milih ITB sebagai pilihan utama untuk kuliah karena disetting default minimal 55 juta.

Sebenarnya, hak dasar warga negara, kelas berapapun itu, termasuk kelas kere, menurut saya sama-sama, tetapi dengan adanya setting default 55 juta itu, jadi membiaskan amanah dasar undang-undang.

Mungkinkah ada kawan2 yang pingin menggugat ke Mahkamah Konstitusi terkait peraturan mahalnya biaya pendidikan ini ? Karena saya lihat sepertinya kebijakannya cuek2 ala Kafilah yang digonggongi alumni.

Jaman saya saja ketika spp di kondisi terakhir sebelum menembus 1 juta/smester, ada kawan yang terpaksa harus tinggal dan beralamat KSM di Jl Ganseha 10. Dan ini tidak hanya satu dua.

Cobalah ditelaah, betapa banyak kaum marginal (menengah ke bawah) seperti saya yang Alhamdulillah mengalami perubahan nasib setelah mengenyam pendidikan. Pendidikan (dikombinasikan dengan banyak faktor lain) adalah salah satu resep manjur untuk meningkatkan harkat hidup anak manusia.

Salah satu alternatif pembiayaan yang mungkin, tanpa harus mengurangi kuota masyarakat miskin yg melewati ujian tulis (sipenmaru, perintis, umptn, snmptn) adalah membuka dua kelas waktu belajar, yakni kelas matahari, dan satu lagi kelas bulan. Kelas matahari dilakukan pada siang hari dari jam 07 – 17, sedangkan kelas bulan dibuka jam 18 – dini hari. Ini akan menambah tingkat ketergunaan (utilisasi) segala fasilitas di kampus (meski harus menambah biaya listrik dan jam kerja) tetapi peningkatan pendapatannya lebih signifikan. Ini seperti yang pernah saya baca model jam kuliah di Iran.

Efek positifnya : jumlah dosen bertambah, staf bertambah, lowongan kerja bertambah, jumlah mahasiswa bertambah, kemungkinan untuk meningkatkan harkat hidup bertambah, tidak mengurangi jatah masyarakat menengah ke bawah, menjadi contoh efisiensi, dll.

Efek negatifnya : perlu ekstra manajemen untuk bisa mewujudkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: