Daun Sirsat / Sirsak Sebagai Obat Kanker


Kawan-kawan, topik ini saya lemparkan ke milis alumni itb yang saya ikuti, isinya tentang pengalaman ibunda salah satu kawan juga yang didiagnosa menderita kanker batang otak dan sudah mencapai diameter 4.5 cm. Kejadiannya juga belum lama, thn 2011 kemarin. Dan menurut email ybs di bawah ini, saat ini kondisi ibundanya sudah membaik.

Untuk referensi takaran, saya mencari di google dan menemukan bahwa 10 lembar daun sirsak yg sudah tua, direbus dengan 3 gelas air, lalu dibiarkan hingga air berkurang menjadi hanya 1 gelas, dan tiap hari diminum. Namun harus tetap meminum air putih dalam jumlah standard supaya ginjal tetap sehat.

Hasil googling juga, ternyata sudah ada yang mengkapsulkan ekstrak daunnya, bahkan ada juga yang mencampurkan dengan ekstrak kulit buah manggis yang banyak mengandung Xanthone.

Khasiat daun sirsak ini juga sudah diteliti oleh salah satu ahli Biologi di ITB, Prof Soelaksono, dan ini sudah dikonformasi oleh Mbak Illon, salah satu koleganya yg merupakan alumni biologi juga. Bahkan ada buku khusus yg diterbitkan utk membahas khasiatnya, dan disebutkan pula hasil penelitian Prof. Soelaksono. Mungkin kawan-kawan yg kuliah di Biologi ITB bisa mengklarifikasi hal ini.

Jika memang bermanfaat, tolong disebarkan ke kolega kawan2, supaya bila ada yg terkena kanker, bisa segera ditangani.

Berikut ini email lengkap dari Mas Erick Ridzky, yang ibundanya divonis kanker batang otak, diameter 4.5 cm.

From: Erick Ridzky
Date: 2012/6/13
Subject: Re: [IA-ITB] Mas Erick : Tanya Daun Sirsak Obat Kanker

To: Milist Alumni ITB <ia-itb>

Betul mas, ceritanya begini:

Pada pertengahan 2011 lalu, tepatnya Mei tiba-tiba ibunda tersungkur jatuh merasakan sakit kepala yg luar biasa. Walaupun memang sudah sejak lama keluhan sakit kepala ini, namun tidak semenderita ketika itu. Lalu diopname, diberi obat pereda rasa sakit, kemudian di ct-scan, dan mri. Hasilnya, ternyata pada batang otak ibunda ada tumor berdiameter 4.5cm!

Sebelumnya dirawat di boromeus, namun karena perlu second-opinion kemudian kami alihkan pemeriksaan dan penanganannya ke RS Siloam-Tng, ditangani oleh seorang dokter ahli bedah otak terkenal. Singkat cerita, dari pemeriksaan ulang dan diagnosa didapat hasil yg sama, bhw ibunda tidak bisa disembuhkan hanya dengan obat, atau chemoteraphy, namun harus dibedah batang otaknya dan dibersihkan dari tumornya.

Kami konsultasikan kepada dokter ybs, berapa persen keberhasilannya? Menurut beliau hanya 5%, dg tumor maksimum dibersihkan hanya 50%. Dan dokter juga sampaikan, bhw bedah batang otak amat rentan dari kemungkinan terjadinya mal-fungsi organ/motorik tubuh lainnya. Menurut beliau, serat-serat syaraf batang otak sudah menyatu dg tumornya. Akhirnya, kami tidak menyetujui utk dilakukan tindakan, dan dokterpun angkat tangan karena tidak ada alternatif lainnya.

Sambil berdoa dan mengharapkan keajaiban dari Sang Maha Pemelihara, sekitar bulan september’11, salah seorang teman mengirim artikel ttg penelitian daun sirsak utk kemoterapi alamiah. Konon menurut artikel ini kemampuannya hampir 10.000kali kemoterapi yg dilakukan oleh obat farmasi sintetis. Dengan harapan dan tidak henti-hentinya berdoa, kemudian ibunda mencoba sehari demi sehari. Dan pada bulan februari lalu sudah bisa bangun dari tempat tidur, lalu berselang sebulan sudah bisa berjalan sendiri tanpa bantuan tongkat. Alhamdulillah bulan Mei lalu sudah bisa nengok cucuknya di Jakarta, turut menemani istriku belanja di Carefour.

Hanya Allah sajalah yg mampu menyembuhkan penyakit apapun. Kita, manusia, hanya berdoa dan tidak henti-hentinya berusaha dan optimis. Demikian.

Salam,
ER gm86

Keterangan lebih detil ttg takaran ataupun manfaat lainnya dari daun sirsak bisa ditanyankan ke dik gugel.

On Wed, 6/13/12, mukhlason <mson> wrote:

From: mukhlason <mson>
Subject: [IA-ITB] Mas Erick : Tanya Daun Sirsak Obat Kanker

To: "ia-itb" <IA-ITB>
Date: Wednesday, June 13, 2012, 5:31 PM

Maaf via jarum,
Mas Erick, untuk pengalaman Ibunda yang sembuh dari kanker, dosis penggunaan daun sirsaknya bagaimana ?
meramunya ?

Ada kawan kantor yang menanyakan.
terima kasih.
Salam

4 thoughts on “Daun Sirsat / Sirsak Sebagai Obat Kanker

  1. carolina says:

    Haloow.. mas ari.. thanks banged ya sharingnya.. ini kebetulan papa saya juga terkena penyakit yang sama dengan ibunda mas erick.. dan sudah menjalani radioterapi dan baru saja selesai melakukan kemoterapi.. klo boleh saya minta contact numbernya mas erick ya.. saya mau tanya tanya lebih detail mengenai obat untuk tumor batang otak ini..
    thanks a lot ya mas ari..

    lina

  2. carolina says:

    sudah saya kirim email k email mas japri.. ditunggu ya mas infonya..thanks a lot ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: