Merasakan (sebagai orang) Indonesia


Dalam tiga kali penerbangan saya ke Kendari Sultra dari Surabaya, sembari menerawang ke luar jendela pesawat, beberapa kali di bawah terhampar pulau-pulau, baik yang kecil-kecil maupun besar. Tentu, di sekitarnya adalah perairan yang belum tentu sarana transportasi penghubung antar pulaunya rutin dan sering. Begitu pula dengan fasilitas dasar untuk hidup, dari kebutuhan air bersih, bahan makanan (baik sumber karbohidrat, protein, lemak, buah, dan susu), sandang, papan (bahan bangunan), listrik (yang sudah bertransformasi menjadi kebutuhan pokok sehari-hari), jalan raya, bahan bakar minyak, hingga mata pencaharian untuk mempertahankan keberlangsungan hidup.

Saya membayangkan, soalnya baru bisa membayangkan saja, bagaimana saudara-saudara yang terikat sumpah pemuda, sebuah pengakuan kesatuan yang suci akan arti kebhinekaan, jauh sebelum kemerdekaan, apalagi Pancasila didengung-dengungkan. Maka, sudah selayaknya pembangunan apalagi pasca reformasi dan otonomi daerah ini, tidak ada lagi sentralistik di Jawa, khususnya seputaran Jakarta belaka.

Indonesia, yang memiliki nikmat tiada tara, matahari yang menerangi sepanjang tahun, cuaca yang cukup bersahabat dan hangat, pemandangan alam yang indah, tanah yang subur, perairan yang luas, ikan yang beraneka ragam, vegetasi tumbuhan yang sangat bervariasi, membuat penduduknya wajib bersyukur kepada Allah SWT, yang telah menciptakan lingkungan Indonesia begitu menyenangkan.

Maka, alangkah nista dan terhinanya, bila pemegang amanah yang mengelola Indonesia, dalam hal ini pemerintahan dan lembaga negara yang senantiasa mendengung-dengungkan mengurusi hajat hidup masyarakat Indonesia, berlaku tidak amanah, mencuri, korupsi, aji mumpung. Yang dalam pelaksanaannya masih mementingkan kepentingan sesaat, kepentingan pribadi, kelompok, golongan, kroni, partai, dan segelintir pihak saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: