Antara Rakyat dan Modal : Kasus Pabrik Es vs Mall di Solo


Catatan saya :
Pabrik es itu yg ada di pertigaan/perempatan Purwosari kan ? Sayang juga bila sampai tutup dan diganti oleh Mall.

Sebenarnya kalau saya lihat, di Solo sudah nggak kurang Mall. Dari Singosaren, SGM, Goro assalaam, dan beberapa yang saya belum hapal. Dan rata2 lokasinya segaris di jalan Slamet Riyadi, dari barat ke timur.

Dari sisi penyebaran keramaian, itu juga kurang imbang, hanya menjadikan wilayah tengah yang ramai. Sementara wilayah Utara (jl adisumarmo) dari arah bandara, colomadu s/d manahan khusus utk wilayah pemukiman dan hunian (termasuk hotel). Di wilayah selatannya, malah relatif tidak terlalu dilirik karena jalanan lebih sempit.

Mall memang perlu, tetapi sepertinya khusus untuk solo, akan lebih baik bila dipertahankan sisi tradisional dan budayanya dengan meminimalisir mall dan mengembangkan pasar tradisional. Ini mencegah konflik lebih lanjut, mengingat latar belakang ideologis jauh lebih kuat dan kental di Solo dibandingkan daerah lain dan dibandingkan latar belakang sosiologis ataupun ekonomi. Semua kubu ada di sini, dari kanan sampai kiri banget !! Potensi gesekan sangat besar dan mudah terjadi.

Kita juga bisa melihat (selintas) bagaimana komitmen figur Jokowi disandingkan Bibit, dengan latar belakang masing2. Padahal bila dirunut, Jokowi yang berlatar pengusaha tentu ingin margin laba sebesar2nya. Sementara seharusnya Bibit yang mantan jendral tentara, seharusnya membela kepentingan masyarakat kecil sebagaimana doktrin tentara, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Mungkin pertanyaan naifnya, rakyat yang mana ??

 

———- Forwarded message ———-

From: “sumarna,nana” <nsumarna@arutmin.com>

To: IA-ITB@yahoogroups.com

*Pertanyaan saya, siapa sebenarnya yang bodoh?

Solo* – Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan Walikota Solo Joko Widodo sebagai pribadi bodoh karena berani menentang gubernur dalam pembangunan mal di Solo. Lantas apa reaksi Joko Widodo dikatakan demikian? Pria yang akrab dipanggil Jokowi ini tetap kalem.

“Iya, saya itu memang masih bodoh. Masih harus banyak belajar ke banyak orang. Dibilang begitu ya nggak apa-apa,” kata Jokowi di Balaikota Surakarta, Senin (27/6/2011).

Dia juga mengaku tidak akan memberikan reaksi berlebihan atas penilaian Bibit terhadap dirinya itu. Menurut dia, Pemkot Solo akan mengumpulkan aneka berkas untuk bisa menjelaskan sikap Pemkot Solo kepada Pemprov Jateng.

“Nanti kami akan kumpulkan semua data-data yang ada. Selanjutnya saya akan segera bertemu beliau (Bibit Waluyo-red) untuk berkoordinasi membahas masalah ini. Dengan begitu diharapkan akan bisa mendinginkan suasana yang sedang panas ini,” ujar Joko.

Lebih lanjut dia mengatakan penolakan Pemkot Surakarta terhadap pendirian mal di lokasi bekas pabrik es Saripetojo adalah untuk membatasi maraknya pasar modern. Dia mengatakan sebelumnya telah ada 12 kali pengajuan pendirian mal dari sejumlah pihak yang tidak disetujui karena memang Pemkot Surakarta berkomitmen membatasi keberadaan mal di Solo.

“Kita itu ingin membatasi keberadaan mal di Solo karena kita harus memikirkan keberadaan pasar tradisional. Kalau itu terbuka sama sekali, sebelumnya sudah ada rencana 12 mal tapi tidak kita izinkan,” ujar dia.

Sebelumnya usai peresmian jembatan di Magelang, Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan Jokowi bodoh. Jokowi dianggap melawan gubernur dalam pembangunan mal di Solo. Rencana mal yang ditentang Pemkot Solo dibangun di bekas gedung bersejarah pabrik es Saripetojo. Namun pabrik es ini dinilai sebagai aset Pemprov Jateng, sehingga Pemkot Solo dianggap tidak bisa memprotesnya. * (mbr/fay)

http://www.detiknews.com/read/2011/06/27/183532/1669880/10/dibilang-bodoh-oleh-gubernur-jateng-walikota-solo-santai?n990102mainnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: