Mandangin, Pulau Terpadat Penduduk di Jawa Timur


Bila anda terbang dari Surabaya menuju Makassar atau sebaliknya, kemungkinan besar anda akan melihat pulau kecil unik ini. Namanya Mandangin. Pulau yang menurut tulisan di internet hanya memiliki luas kurang dari 2 km2 ini, memiliki pemukiman penduduk yang sangat-sangat padat. Tidak hanya dari google earth, dari atas pesawat yang melintas di sekitarnyapun terlihat demikian.

Koordinat pulau Mandangin adalah 7°18’35.81″S dan 113°12’54.74″E. Dari wilayah sekitarnya, pulau ini berada di sebelah selatan pulau madura, tepatnya di Kabupaten Sampang. Menurut info dari dunia maya, waktu tempuh dari pelabuhan terdekat yakni pelabuhan Tanglok menuju pulau ini hanyalah 30 menit dengan jarak kurang dari 10 km saja.

Menurut salah satu situs berita, penduduk di pulau ini mencapai 15 ribu jiwa, atau bila luas resmi pulau tersebut hanyalah 1.65 km2, maka tiap km2 memiliki penduduk 9090 jiwa. Atau tiap 110 m2, berisi 1 orang penduduk.

Kurang banyak ? Coba bandingkan dengan Pulau Jawa yang dari beberapa literatur yang sudah pernah saya baca (maaf lupa sumbernya), adalah “the most densely populated on earth”. Dari wikipedia, luas wilayah jawa adalah 132000 km2 dengan jumlah penduduk 124 juta (entah pada tahun berapa). Dengan hitungan kasar, tiap km2 jumlah penduduknya adalah 939 orang, atau tiap 1064 m2 terdapat satu orang penghuni. Ya, antara 110 dengan 1064, hampir 10 kali lipat lebih padat dibandingkan pulau jawa. Saya sendiri pingin sekali ke pulau Mandangin itu, sepertinya menarik untuk jalan-jalan ke sana.

Namun, usut punya usut, ternyata di Indonesia sendiri masih ada pulau yang lebih padat. Letaknya di Nusa Tenggara Barat, namanya pulau Bungin. Menurut reportase media, luasnya hanya 7 hektar atau 70000 m2, namun memiliki penduduk 3048 jiwa. Yang berarti tiap 22 m2, terdapat satu orang penduduk. Ini menjadi 48 kali lebih padat dibandingkan pulau Jawa. Bahkan, di pulau ini kambingpun makan kertas, karena tidak ada lagi rumput yang tumbuh, saking padatnya penduduk dan pemukiman. Silahkan juga kunjungi link ini :
http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2009/05/bungin-pulau-terpadat-di-dunia.html

Lokasinya berada di koordinat 8°28’37.69″S 116°59’43.25″. Tetapi, pulau Bungin bukanlah pulau alam karena sudah mengalami
perluasan-perluasan yang merupakan prasyarat bagi pasangan muda untuk bisa menikah. Nggak mampu membuat lahan baru ? Jangan nikah. Sepertinya prinsip itulah yang bisa memperluas pulau ini. Saya pribadi, setelah melihat di Google Earth, kok melihat daerah ini bukan sebagai pulau yang kecil. Mungkin salah lihat.

Di tingkat dunia, mungkin negara Monako lebih padat. Silahkan dicari referensinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: