Nurdin dan Bakir


Benar-benar setali tiga uang. Di mana ada nurdin, di situ ada Bakrie. Itulah yang terjadi kemarin manakala tim verifikasi calon ketua umum PSSI ternyata hanya bisa meloloskan dua kandidat untuk menggantikan kepemimpinan Nurdi Halid yang sudah berjalan beberapa waktu lamanya.

Bila Nurdin yang ini terpilih, akan menjadikan rekor ketua PSSI terlama dan terotoriter yang tidak mau turun-turun dari kursinya. Tentu, dukungan politis dari induk partainya yang kebetulan diketuai Aburizal Bakrie, yang masih ada pertalian darah dengan Nirwan Bakrie akan dioptimalkan. Dan pemilihan ketua umum ini dapat dikatakan sebagai sebuah dagelan semata karena sudah kita ketahui, bahwa di mana ada Nurdin, di situ ada Bakrie.

Kita masih ingat bagaimana PSSI akhirnya menurunkan harga tiket pertandingan dengan alasan atas saran dari ketua umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. Selain itu, televisi yang memonopoli siaran LSI adalah ANTV, dengan pemilik utama adalah grup Bakrie pula.

Maka tak heran bila panigoro dan Toisutta dijegal sedemikian rupa dan tidak diloloskan karena Panigoro sudah membuat liga tandingan, LPI. Dan siaran LPI ini sebagaimana tulisan saya sebelumnya, mengeroyok siaran LSI dengan ditayangkan lebih dari satu TV, yakni Metro TV, Indosiar, dan TransTV. Benar-benar persaingan bisnis yang berimplikasi politis yang bisa jadi yang dilakukan Nurdin Bakrie ini jauh dari kata sportif.

Jangan heran pula bila beberapa elemen masyarakat pecinta bola sudah menunjukkan ketidaksukaannya atas otoritarianis tirani NurBak ini, seperti demo oleh masyarakat Irian/Papua pecinta bola, Bonek, dan kemungkinan besar akan didukung oleh elemen-elemen pecinta bola lainnya. Belum lagi mulai hengkangnya klub-klub LSI ke LPI, termasuk klub daerah asal Nurdin, PSM Makassar. Nurdin sudah tertolak di tanah kelahirannya. Bagaimana pula di tanah orang ? Belum lagi ancaman Persib untuk keluar dari LSI karena merasa beberapa kali dicurangi dalam pertandingan yang diikuti.

Hayo, rame2 pindah ke LPI…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: