Pingin Kuliah (di ITB) ? Baca Ini Dulu !


Kuliah itu apa sih ? Dunia perkuliahan itu seperti apa ? SKS itu binatang apa ? kapan kita akan menjalani perwalian ? Kewenangan dosen itu sejauh mana ? Kegiatan apa pula yang ada di kampus ? Biaya hidup dan perkuliahan dapat diperoleh di mana dan lewat apa ? Terus, manfaat kuliah itu untuk apa saja ?

Jika anda masih banyak bertanya-tanya atau belum mendapatkan jawaban dan gambaran yang sesuai tentang pertanyaan-pertanyaan tadi, sebaiknya anda membaca serial buku tentang kegiatan perkuliahan dan seluk-beluk dunia pendidikan tinggi khususnya level strata satu dan diploma.

Buku-buku ini akan menjelaskan dengan kalimat dan ilustrasi yang menarik sehingga mudah dicerna, termasuk oleh calon mahasiswa, orang tua / wali, mahasiswa aktif, hingga orang-orang yang sudah menamatkan pendidikan sarjananya.

Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, penulis utama serial buku ini yang dibantu oleh tim Direktorat Pendidikan ITB dan rekan, menyusun buku panduan ini untuk anda yang memiliki perhatian khusus terhadap seni dan seluk-beluk pendidikan tinggi khususnya di Indonesia.

Empat buku yang ditulis tersebut memiliki tingkatan pemahaman yang berjenjang. Bagi pemula, buku yang berjudul Strategi Sukses di Kampus lebih tepat untuk dibaca terlebih dahulu. Dalam buku level satu ini kita diberikan gambaran yang detil termasuk teknis bagaimana kuliah yang benar, efektif dan efisien. Adanya gambar-gambar ilustrasi yang unik membuat kita tidak bosan membaca hingga halaman terakhir. Selain itu, dituliskan pula pengalaman-pengalaman nyata beberapa mahasiswa selama menjalani dunia perkuliahan, membuat buku ini lebih hidup.

Level dua yang selanjutnya untuk dikaji adalah buku berjudul Sukses dengan Soft Skills, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Dalam buku yang disusun oleh Pak Ichsan bersama Ariyanti Pratiwi ini dibedah lebih lanjut penjelasan yang sudah disebutkan di buku Strategi Sukses di Kampus. Bisa dikatakan buku ini adalah pendalaman materi dari buku level satu tersebut. Materinya pun diperkaya dengan harapan sinergi antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia nyata / kerja yang diwakili oleh pendapat beberapa personal profesional. Dilampirkan pula beberapa profil orang-orang yang track-recordnya dapat menginspirasi untuk lebih maju, seperti Abraham Lincoln. Ilustrasi kartun yang dipergunakan sebagaimana seri sebelumnya juga membuat mata betah untuk terus membacanya.

Tingkatan selanjutnya, adalah buku yang membahas tentang kepemimpinan dan moral yang seharusnya diperoleh dan dimiliki pada proses pendidikan tinggi (perkuliahan) berjudul Sukses Berlatih Kepemimpinan. Dalam buku ini, dibahas bagaimana kiat-kiat menjiwai sebagai pemimpin. Mengapa buku ini perlu dibaca para mahasiswa ? Tidak lain adalah karena mahasiswa di banyak wilayah di muka bumi ini memegang peranan penting sebagai agen perubahan yang diharapkan membawa perubahan generasinya di masa mendatang. Adapun di dunia kemahasiswaan, latihan awal sebagai seorang pemimpin banyak terwadahi oleh berbagai bentuk organisasi intra kampus maupun ekstra kampus.

Sedangkan buku ke-empat yang wajib dibaca, adalah buku yang berjudul ITB – Informasi Umum Program Studi. Buku ini berisi direktori fakultas, departemen / jurusan dan program studi khususnya strata satu yang diselenggarakan di ITB dan informasi fasilitas yang dapat dipergunakan oleh Mahasiswa. Membaca buku ke-empat ini menjadikan wawasan pengetahuan bertambah serta memberikan gambaran sekilas tentang bidang studi yang ada di ITB khususnya. Diharapkan bila sudah membaca buku ke-empat ini calon mahasiswa dan orang tua / wali tidak lagi kebingungan dan meraba-raba masa depan dan materi yang diajarkan di program studi si mahasiswa.

Saya pribadi menganggap, terbitnya buku-buku ini tepat sasaran bagi para calon mahasiswa karena bisa memberikan gambaran, petunjuk dan pegangan dalam menjalani dunia perkuliahan. Termasuk bahwa prinsip IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah bukan segalanya. Hanya, yang saya sayangkan, mengapa terbitnya buku-buku ini justru setelah saya lulus perkuliahan dari tahun 1999-2004 lalu.

Membaca keempat buku ini dapat membimbing kita untuk melakukan evaluasi, seberapa efektif dan efisienkah menggunakan masa kuliah khususnya waktu perkulahan yang telah ditempuh. Juga seberapa banyak wawasan ekstra kurikuler yang sudah diikuti dan diperoleh.

Jadi, bila kita berkuliah itu diibaratkan masuk ke hutan belantara nan rimbun di tengah gelapnya malam, di mana di dalam hutan tersebut penuh hal-hal yang tidak terduga, seperti duri beracun, pohon buah-buahan yang ranum siap dipetik, binatang buas, serta kolam yang menyejukkan, dengan membaca keempat buku ini seolah-olah kita sudah memiliki peta hutan belantara tersebut dan menjadi lebih siap untuk masuk gelapnya hutan.

Tentu, semuanya terpulang kembali pada pelaku, yakni mahasiswa dalam menyikapi berbagai petunjuk, trik, tip, dan rambu-rambu yang sudah dijelaskan dengan cukup gamblang melalui keempat buku ini.

11 thoughts on “Pingin Kuliah (di ITB) ? Baca Ini Dulu !

  1. ndo says:

    bisakah saya membeli buku tersebut?
    bagaimana cara mendapatkannya?
    terima kasih.

  2. ayuparmit says:

    Cara pesen bukunya gmn ya ? Thx

    • mukhlason says:

      Buku sementara baru tersedia khusus untuk mahasiswa ITB. Saya sudah usulkan pada penulisnya agar memperluas jangkauan untuk khalayak umum, dan bisa dipeoleh dengan mudah. Mudah2an bisa dan segera terwujud.

      trims

  3. wah, pengen kuliah di ITB juga, nanya nih ITB menerima lulusan SMK ga?

    saya kelas XII di SMK Telkom Purwokerto dan saya telah mendapat undangan SNMPTN, dan saya berminat masuk di STEI ITB.

    Terima Kasih

  4. ayuparmit says:

    Ok pak . Baru baca review bukunya saja udh tertarik , krn saya SMA kls 3 butuh banyak informasi buat dunia perkuliahan:)
    Smoga kalau bukunya boleh beredar , posting lewat @masukitb lagi . Thanks

    • mukhlason says:

      Ok, Insya Allah saya kabarkan di masukitb.com Terima kasih atas atensinya. Kudoakan mendapatkan perguruan tinggi yang sesuai idaman. Selamat belajar dengan semangat !!!

  5. Mith says:

    pak, apakah buku ini ada dlm bentuk e-book.
    saya tidak ingin terlambat untuk membacanya, karena saya skrg udah mau kuliah pak

  6. anto says:

    Buku ini paket yang diberikan saat masuk ITB bersamaan dengan jaket almamater, KTM dan pelengkapnya.
    Jadi sementara tampaknya nggak dijual ke khalayak umum.

  7. tetra says:

    yang saya heran buku ini diberikan saat masuk itb ???? bukannya kalo udah masuk sudah ketahuan jurusannya.
    seharusnya di jual ke umum sebagai acuan pilih jurusan sebelum mendaftar bukan setelah diterima. sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak dan itb juga untung.
    so gimana caranya saya lagi bingun pilih jurusan mau beli buku ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: