Tuan Tanah, Centeng, dan Budak Belian


Kata salah satu kawan baik, bila mengerjakan proyek, dapat diibaratkan pihak-pihak yang terkait dengan proyek itu sebagai berikut : Pemilik proyek adalah tuan tanah. Maklum, wewenang dan kekuasaan yang dimilikinya, dikaitkan dengan kepemilikan modal uang / finansial setara dengan tuan tanah.

Karena pengetahuan tuan tanah terhadap barang-barang yang dibelinya sangat terbatas, untuk itu disewalah centeng untuk mengawasi pembuatan barang yang dipesan. Dalam hal ini, yang berperan sebagai centeng adalah konsultan. Sebagai centeng, tentu harus terlihat progresif, bagus, dan bekerja dengan betul. Imbasnya, tentu ke kontraktor di mana tuan tanah membeli barang / proyek tersebut.

Kontraktor, dalam hal ini bekerja siang malam sekelas dengan bekerja rodi, memeras keringat, air mata, dan darah dalam memenuhi spesifikasi proyek yang sudah dipesan dan dibeli oleh tuan tanah. Kemampuan pekerja rodi juga terbatas, untuk itu mau tidak mau harus melakukan sub pekerjaan pada vendor / sub kontraktor. Mengingat kewenangannya yang berada di hirarki terendah, diibaratkan dengan budak belian.

Itulah fenomena pengerjaan proyek yang masih banyak beredar di negeri para siluman ini. Padahal, tidak selayaknya hirarki posisi pengerjaan adalah demikian. Selayaknya, hubungan yang ada di antara pihak-pihak terkait tersebut adalah kemitraan yang saling menghormati, menghargai, mengerti posisi dan kesulitan masing-masing pihak. Kesetaraan peran antar pihak, menjadikan hubungan yang harmonis akan terjaga dan diharapkan tentunya pengerjaan proyek semakin lancar dan dapat secara efisien dilakukan, tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya. Tetapi, mungkinkah semua itu dapat terwujud dengan mudah dalam waktu dekat ?

One thought on “Tuan Tanah, Centeng, dan Budak Belian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: