Pesawat Berisik


LALU LINTAS pesawat yang lewat di belakang rumah saya cukup padat. Di jam-jam sibuk jedanya hanya sekitar 2.5 – 3 menit. Yang saya amati, pesawat yang paling berisik yang pernah lewat adalah pesawat tempur, entah apa tipenya.

Saat itu hari minggu siang, dengan jeda antar pesawat hanya sekitar 15 – 20 detik. Benar-benar memekakkan telinga. Untung tidak lama. Mungkin saat itu ada sekitar 20an burung aluminum yang lewat.

Selain pesawat tempur, yang sehari-harinya lewat dan paling bersik adalah tipe Boeing 737-200. Saya lihat operatornya batavia dan sriwijaya, serta merpati. Intensitas bunyinya sedikit di bawah pesawat tempur.

Rangking berikutnya adalah pesawat Lion / Wings yang bertipe MD 82. Urutan berikutnya baru Airbus dan Boeing bertipe lain, seperti B737-300 dan seri selanjutnya.

Untuk pesawat berbadan lebar seperti 747 ada di urutan yang tidak begitu berisik meskipun memiliki mesin empat buah. Adapun untuk airbus berbadan lebar, saya tidak terlalu tahu jam berapa jadwal landing di SUB. Sepertinya yang di malam hari sehingga tidak terlalu kelihatan.

Untuk tipe yang terkini seperti 737-800 (garuda) dan 900-ER (Lion) cukup silent, tidak memekakkan telinga.

Jika diurutkan dari yang paling berisik sbb :

pesawat tempur > 737-200 > MD-82 series > 737-300 dst > 747 / wide body > lear jet > 737-800 & 737-900ER

Untuk diketahui, menurut tetangga yang jadi mekaniknya PT ANI, tinggi terbang di dekat rumah ada di kisaran 800 – 1.000 m dpl. (SON)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: