Statika : Ilmu Dasar Mekanika


Statika, sebagai ilmu dasar mekanika diajarkan di semester awal perkuliahan jurusan. Ilmu ini mengajarkan tentang gaya dan momen yang bekerja pada benda2 dengan bermacam-macam variasinya. Pengajar waktu itu adalah Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, doktor jebolan TU Delft Belanda, yang merupakan ahli dalam bidang konstruksi dan struktur ringan pada pesawat terbang. Jumlah SKS sebanyak 3 dengan pertemuan tiga kali seminggu.
[]

Contoh sederhana yang dibahas adalah keseimbangan gaya pada benda, semisal bangku. Dengan beban sebesar W, maka terdapat gaya reaksi pada tumpuan (dalam hal ini adalah kaki2 bangku). Gaya reaksi yang terjadi bergantung jarak dan posisinya terhadap pusat gravitasi. Contoh bahasan yang lain adalah besaran gaya yang terjadi pada tali yang digulung di kelosan. Berapa banyak gulungan yang diperlukan untuk mencegah tali slip juga bisa dihitung. Aplikasi yang lain adalah untuk memperkirakan besarnya gaya dan momen yang terjadi pada kunci pas yang digunakan untuk membuka-tutup baut dan mur, berapa besar tekanan hidrolik pada strut axle landing gear, maupun strut penyangga pintu belakang mobil. (SON)

5 thoughts on “Statika : Ilmu Dasar Mekanika

  1. aeroboy07 says:

    wah pak ichsan ya.. mantab bang!

  2. wah ..pas awal kuliah aku juga dapet mekanika statika. Gak terlalu ribet sih pelajarannya, cuma muter2 mulu di gaya Reaksi amam Momen. Satu hal yg aku permasalahkan di plajaran itu, dalam penggambaan bidang momen ku masih agak puyeng…

    Slam Knal, dari Teknik Sipil ’09 Gunadarma

  3. mustaqim says:

    bisa minta tolong gak.
    bikin soal ttg mekanika dasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: