Mudahnya Nge-Blog di WordPress


JUJUR, saya selalu terpesona dan merasa puas dengan fasilitas yang dimiliki wordpress sebagai penyedia blog gratisan. Betapa tidak, dengan gratis saja, fitur-fitur yang tersedia menurut saya sangat canggih dan mudah digunakan. Di awal2 membuat blog, tahun 2006-an saya belum bisa menulis dan belum bisa menggunakan fitur2 yang tersedia. Namun, seiring berjalannya waktu, saya sudah bisa menulis, sedikit demi sedikit, dan Alhamdulillah sudah ada yang tayang. Untuk membukukan tulisan saya, sengaja saya pilih blog wordpress seperti yang sudah saya tulis sebelumnya.

[]
Fitur canggih wordpress
1. Mengirim posting lewat email :
Penyedia blog lain juga banyak yang punya, standar lah. Saya biasa posting menggunakan outlook express yang sudah saya setting dengan account email gmail yang bisa pop3 imap dan smtp sebagai jalur lalu lintas email. Tidak sampai sepuluh detik tulisan saya sudah terpampang di blog.

2. Pemotongan tulisan menggunakan script yang mudah
Bila kita hanya ingin menampilkan beberapa kata pertama dari tulisan kita yang sangat panjang di halaman muka, sangat mudah untuk memotongnya. Lain halnya dengan blogspot, yang setahu saya scriptnya cukup rumit. Di wordpress kita hanya perlu klik toolbar more atau menyisipkan script hanya itu.

3. Pemilahan tulisan berdasarkan kategori bisa dilakukan lewat email Melengkapi kecanggihan posting via email, kita bisa memasukkan script html melalui email yang nantinya akan terlihat hasilnya langsung di tampilan blog. Sebagai contoh, saya memiliki beberapa kategori seperti Kepemimpinan, Umum, Negara & Pemerintahan, Teknologi, dll. Semua tulisan yang saya tulis dan kirim by email bisa langsung saya pilah berdasarkan kategori. Caranya adalah dengan menggunakan kurung siku, yang di dalamnya diisikan script yang akan kita gunakan. Untuk memggunakan kategori tulisan, digunakan kurung siku, dan di dalamnya bertuliskan “category kategori_tulisan”. Bila akan saya potong menggunakan read more, saya tinggal sisipkan di baris yang akan saya potong menggunakan kurung siku, dan di dalamnya bertuliskan
Sangat mudah bukan ?

4. Thema blog
Wordpress juga memiliki thema blog sesuai keinginan kita, bisa diganti2 dengan mudah.

Semua fitur wordpress tersebut dapat dicari di halaman pertolongan (help)

Jadi tunggu apa lagi ? (SON)

Leave a Reply

