Berharap Penyelesaian Century pada SBY ?


SAYA termasuk orang yang pesimis dengan desakan kuat dari masyarakat agar pemerintahan SBY jilid 2 ini segera menyelesaikan kasus skandal bank Century. Apa pasal ? Dari hasil sementara audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dirilis hari ini terdapat hasil sesuai yang digembor-gemborkan media beberapa waktu yang lalu. Fakta yang terjadi ternyata terdapat perubahan aturan dari Bank Indonesia terkait fasilitas pendanaan. Syarat sebelumnya adalah bank minimal memiliki Capital Active Ratio (CAR) minimal sebesar 8 %, tetapi ternyata beberapa hari sebelum pencairan dana bantuan likuiditas, gubernur Bank Indonesia mengubah peraturan dengan rasio CAR minimal positif.

Peraturan yang sangat tidak logis, karena dari hal ini tersirat jelas bahwasanya pengelola bank tidak perlu memiliki kredibilitas dan effort yang bagus untuk bisa mendapatkan pendanaan dari BI. Ditinjau dari logika apapun tidak masuk di akal. Apalagi jika dikaitkan dengan peraturan umum perbankan kepada nasabah, terutama nasabah kecil. Nasabah tidak akan dianggap layak untuk mendapat pinjaman bila tidak memiliki aset atau agunan yang bernilai minimal sebanding dengan pinjaman yang akan diajukan.

Kasus Bank Centuriu ini, saya yakin sudah berusaha ditutupi sedemikian rupa, beberapa di antaranya adalah dengan menjadikan Budiono sebagai wakil presiden, dan menteri terkait sebagai menteri, serta mengganti nama Bank menjadi Bank Mutiara. Sangat kebangeten, kata orang Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: