kecanggihan pemikiran manusia


beberapa hari ini saya makin kagum saja dengan kemampuan pikiran otak manusia dalam mengkreasikan segala sesuatu. ini terjadi setelah saya punya prangkat global positioning system GPS yang portable dan sangat ringan yang tegabung dalam sebuah handphone mungil – samsung valencia c6625 –

bagimana tidk, hanya dengan bobot sekitar 100 gr, fungsi yang ditangani sangat bnyak.dari fungsi sbg handphone sendiri yang mampu melakukan panggilan, pesan pendek, jelajah dunia maya, email, radio, pemutar lagu dan video, bluetooth, berperan sbg komputer mini, kamera photo, kamera video, perekam suara, dan yang sangat fenomenal adalah kemampuan menjadi penerima sinyal A-GPS serta banyak fungsi lain2 yang belum tergali.

Kita semua tahu, bagaimana perkembangan kmampuan kompone elektronika. dari yang berkapasitas rendah dengan ukuran sangat besar yang dalam perkembangannya semakin kecil ukuran tetapi makin membesar kapasitasnya. akibatnya bisa ditebak, alat2 elektronika yang beredar di masyarakat ukurannya semakin mengecil, sementara tingkat kemampuannya semakin besar, serta fungsi yang dapat dilakukan semakin kompleks. seprti kemampuan yang dmiliki hp2 termutakhir yang beredar saat ini.

Kita bisa bayangkan, lima tahun lalu saja, bagaimana jika fungsi2 kompleks yang dapat dilakukan oleh HP mutakhir ini. Kamera kita bisa tahu ukurannya, berat minima 200 gr, penerima GPS minimal 300 gr, radio 40 gr, komputer mini 300 gr, perekam gambar 900 gr, perekam suara 100 gr, ponsel 150 gr. Jika semuanya djumlahkan beratnya sekitar 2 kg. bukan bobot yang ringan untuk ditenteng ke mana2.

Namun perkembangan dalam 5 tahun terakhir sangat2 pesat.saat ini bobot ponsel dengan kemampuan sejenis hanya di kisaran 80-150 gr. menyusut 1.85 kg. Luar biasa bukan ?

Selidik punya selidik, ternyata ini semua karena perkembangan teknologi industri da permesinan yang semakin presisi dan semakin detail, serta tingkat akurasinya yang semakin akurat. Masih ingat gembar-gembor teknologi nano ? ini merupakan kemampuan alat2 industri yang mampu menyusun komponen dan memilah-milahnya dan merakitnya dengan tepat dalam ukuran nanometer atau seper satu milyard meter (1 / 1.000.000.000) atau seper sejuta milimeter. Betapa kecilnya ukuran tersebut.

Kembali ke kecanggihan otak manusia, ttg GPS yang sangat luar biasa. mencari rute perjalanan sangat2 mudah. bahkan sangat detil, sampai ke pelosok2 dan sampai ke belokan2 U-turn. di peta2 indonesia nama desa saya tidak pernah tercantum di dalam peta, tetapi saya cari rutenya dari surabaya, Subhanallah, ketemu dan hasilnya ddapat rute yang paling pendek.

Ini baru sebagian kecil hasil pemikiran otak manusia. Di bidang2 lain masih banyak lagi yang jika disampaikan dengan kata2 akan membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. (SON)

Laqod kholaqna al-insaana fii ahsani taqwiim.

Sungguh sudah kami ciptakan manusia itu dalam sebaik-baik bentuk (Alquran Surah At-Tiin : 4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: