Tanggung Jawab Profesi : Sebuah Amanah Besar yang Jarang disampaikan


Barusan saya kirim2an email dengan salah seorang kenalan baru. Isinya saya mohon izin untuk me-link alamat blognya di blog saya. Alhamdulillah diperkenankan. Malahan beliau menyentil, silahkan dilink, toh itu merupakan tanggung jawab profesi. Tersentak saya dengan tulisan ini.

Saya baru tersadar, selama ini saya sudah belajar sedikit banyak dan mengetahui hal2 yang sudah saya pelajari dan lakukan, tetapi sangat sedikit sekali catatan2 yang berkaitan dengannya. Padahal perjalanan panjang untuk mempelajari, menghayati, melakukan uji coba dan menerapkannya butuh waktu yang tidak sedikit. Tercatat umur saya sekarang sudah lebih dari 28 tahun. Bukan usia yang muda lagi, apalagi dalam perjalanan hidup yang entah sampai kapan, tetapi tetap harus saya jalani dengan berbagai warna dan rasa.

Dalam perjalanan ini pula, saya mengajak diri saya sendiri khususnya dan rekan2 semua, untuk mau menuliskan pengalaman2 serta ilmu2nya yang saya yakin sangat bermanfaat untuk orang lain dan sesama.

Dalam satu hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa jika anak adam sudah mati, maka terputuslah semua kebaikan amalannya kecuali dari tiga hal yang salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Saya yakin, jika teman2 menyebarluaskan ilmu dan pengalamannya, melalui media apapun, baik cetak, elektronik, maupun lisan dapat membawa keberkahan dan kemanfaatan yang teman2 sendiri dan keluarganya yang juga akan memetik hasilnya.

Namun, dari berbagai media yang ada, alangkah lebih baiknya jika pengalaman dan ilmu teman2 itu dalam bentuk tertulis sehingga dapat tersimpan, dibaca dan juga dikaji berulang2. Pepatah Arab mengatakan : Ilmu itu adalah binatang buruan dan tulisan itu adalah pengikatnya (Al-‘Ilmu Shoydun wal Kitaabatu Qayduhu).

Nah, dalam kerangka tanggung jawab profesi, menyampaikan pengalaman dan ilmu ini saya yakin termasuk dalam kerangka ini. Berbagai profesi teman2 layak dan sangat menarik untuk dibagikan kepada kita semua agar kita bisa belajar bersama, dan mendapatkan ilmu baru. Serta untuk menjadikan kehidupan kita jauh lebih baik.

Rasul SAW berkata : Sampaikan dariku walau hanya satu ayat. Ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari2 akan ilmu yang bermanfaat bagi sesama.

Ya Allah, berilah manfaat akan ilmu yang sudah kami pelajari, dan berilah kami pengetahuan tentang hal2 yang bermanfaat untuk kami dan berilah kami rezeki ilmu yang bermanfaat untuk kami. Aamiin. (SON)

Leave a Reply

