Daerah Terpencil di Jawa (bagian 1)


Manakah daerah paling terpencil di pulau jawa? kira2 berada di propinsi mana ? mungkin kita bisa menebak2. paling kab lebak di banten atau wonogiri di jateng. jika anda menjawab ini sepertinya salah. Saya membuat kriteria daerah terpencil di jawa yaitu dg keterjangkuan ibu kota kabupatennya dari ibu kota kabupaten terdekat baik dari sisi jarak, waktu tempuh, maupun sarana transportasinya.

Dengan kriteria ini, saya memberikan batasan jika waktu tempuh dicapai lebih dari satu setengah (1.5) jam atau 90 menit dengan menggunakan transportasi umum, dan jaraknya dengan ibu kota tetangga adalah minimal 50 km, maka kabupaten tersebut dapat digolongkan sebagai daerah terpencil.

Lalu dengan kriteria ini kabupaten mana yang masuk dalam daftar ?

Nominasi terkuat menurut saya adalah kabupaten Pacitan yang berada di Jatim. Daerah ini secara geografis terletak di bagian selatan pulau jawa dan merupakan perbatasan antara jatim dan jateng. Kontur tanahnya didominasi oleh perbukitan dan pegunungan seribu. Tercatat ada sekitar 300 bukit baik besar maupun kecil, tinggi maupun rendah yang ada di wilayah kabupaten Pacitan.

Di sebelah selatan Pacitan terdapat samudra indonesia dengan ombak yang jauh lebih tinggi dan kuat dibandingkan garis pantai selatan yang lain di pulau Jawa. Di sebelah timur ada kabupaten Trenggalek yang dari pacitan kota berjarak sekitar 120 km. Dengan jarak ini tentu waktu tempuhnya lebih dari satu jam.

Menggunakan angkutan umum Pacitan – Trenggalek ditempuh sekitar 4 jam jika perjalanan tanpa putus. Pada kenyataannya lebih dari itu karena tidak ada trayek langsung dari pacitan kota ke trenggalek. jadi harus transit terlebih dahulu untuk menyambung kendaraan. Transit dapat dilakukan dengan rute Pacitan – Lorok – Trenggalek (melalui proyek PLTU 1 Jatim 2 x 315 MW di kecamatan Sudimoro, atau dapat juga transit lewat Ponorogo.

Di sebelah utara terdapat kabupaten ponorogo, ini merupakan tetangga terdekat dengan sarana transportasi langsung yang beroperasi hampir sepanjang hari. dari jam 4 pagi hingga jam 8 malam, dan juga ada jam 12 malam. Jarak tempuhnya sekitar 75 km yang dapat ditempuh selama 3 jam pada siang hari dan 2.5 jam pada malam hari.

Di sebelah barat terdapat kab wonogiri dengan jarak ibu kotanya juga sekitar 100 km. waktu tempuh ada di kisaran 3 jam. adapun angkutan umumnya berupa bus besar dengan rute hingga ke kota Solo. Jadwal angkutannya sedikit lebih pendek dibanding rute ponorogo yaitu dari jam 4 pagi hingga jam 5 sore. sedangkan bila dari solo terdapat bus yang berangkat jam 12 malam. Jalur transportasi rute ini termasuk yang paling nyaman karena jalanan sudah lebar dan halus, serta tidak terlalu banyak terdapat tanjakan atau turunan yang curam.

Di bagian barat pula, sedikit terpisahkan dengan wilayah wonogiri terdapat kab wonosari / gunung kidul. jaraknya sekitar 80-an km. Sedangkan transportasi umum tidak ada yang langsung menghubungkannya. karena letaknya yang agak jauh dari tetangga2nya tersebut, imbasnya adalah pada kemajuan pembangunan daerah. Pacitan secara umum agak di belakang daerah2 lainnya baik dari sisi sarana maupun prasarana. Bahkan hingga era sekarang ini (dalam lima tahun terakhir), meskipun terdapat presiden RI yang berasal dari Pacitan, perkembangan yang terjadi belumlah semaksimal mungkin. Tercatat proyek besar yang melalui pacitan adalah Jalan Lintas Selatan (JLS) pulau Jawa dan PLTU 2×315 MW yang keduanya masih dalam tahap pembangunan.

Dengan sifat alam yang berbukit2 dan berat, tantangan sebagai penduduk pacitan sangatlah luar biasa. Selain tantangan melawan kemalasan dari dalam diri sendiri, tantangan alam juga tidak kalah beratnya. Ini bisa dibuktikan terutama di Pacitan bagian barat. Di sana karakter tanahnya adalah mayoritas berkapur sehingga tidak bisa menyimpan air dengan baik. Akibatnya ketika hujan turun, dalam 1 jam air sudah meresap semua ke dalam tanah dan mengalir melalui sungai2 bawah tanah dan goa-goa yang banyak terdapat di sana dan langsung menuju Samudra Indonesia.

Efeknya di musim kemarau sangat terasa. Air sangat langka di wilayah barat Pacitan, seperti yang terjadi di Wonogiri dan Gunung Kidul. Tanaman yang dapat tumbuh adalah tanaman2 keras yang waktu panennya lama seperti jati dan pohon2 keras lain. Namun di daerah ini tidak selamanya sengsara. Di sini banyak terdapat batuan alam yang cukup bernilai seperti batu hias, bahan2 cincin, akik, dll

Hal yang sedikit lebih bagus kondisinya berada di Pacitan bagian tengah sampai timur. Karena sifat tanahnya yang sedikit kapur, akibatnya bisa banyak menyimpan air. Ini bisa dimanfaatkan sepanjang tahun, terutama di daerah2 yang banyak memiliki tumbuhan / tanaman keras dan berukuran besar. Di sekitarnya banyak terdapat sumber air. Di wilayah tengah s/d timur ini juga banyak terdapat tanaman2 pangan dan industri yang melimpah. Kelapa, kakao / coklat, cengkeh, sengon laut, jati, pinus dan banyak tanaman lain. Perlu diketahui, tanaman jati dan pinus di Pacitan tidak dikelola oleh Perhutani, melainkan tumbuh dan dikelola oleh masyarakat, hal ini berbeda jauh dengan daerah lain yang dikelola perhutani.

Saat ini seperti yang sudah saya sampaikan, pengelolaan potensi2 yang ada di Pacitan belumlah optimal, apalagi mencapai tahap maksimal. Ini juga disebabkan dari penduduk Pacitan sendiri yang mayoritas memilih untuk merantau, berhijrah mencari ilmu dan penghidupan yang lebih mudah dibandingkan di daerah asalnya, seperti saya sendiri . Namun, Insya Allah dalam beberapa waktu ke depan saya menjadikan Pacitan menjadi target untuk pelaksanaan kemajuan, mengatasi ketertinggalan dari daerah2 lain di sekitarnya meskipun baru dari hal-hal yang sangat kecil maupun sepele menurut anggapan orang lain. (SON)

bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: