Transparansi Keuangan ala Bus Jawa Timur (2)


sektor transportasi darat, khususnya bus kelas ekonomi sepertinya kurang menjadi berita atau dilirik, kecuali hanya kaitannya dengan insiden atau kecelakaan. Padahal masih banyak sisi yang bisa dikupas dan dipelajari untuk diambil sisi positifnya. Betapa margin yang diperoleh tipis, jika dimanage dengan baik bisa berkembang. Juga sisi ketepatan waktunya, yang menurut saya cukup berimbang dengan pesawat dan bahkan mengalahkan kereta api Jkt-Surabaya yang suka molor lebih dari 3 jam.

Saat ini ya rajanya bis di jamur adalah sumber kencono dan restu untuk ekonomi, dan di eksekutif EKA. untuk jalur jatim timur masih akas, meski sudah tidak seperkasa dulu lagi. Armada banyak yang sudah diperbarui dengan mesin yang semakin bervariasi, Hino, Mercy, Volvo, Scania & Mitsubishi

Dengar2 satu unit bus baru ada yang mencapai RP. 1 Milyar. maka ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha untuk segera mencapai BEP. Kabar terakhir, rajanya bus malam, Lorena, saat ini sudah mengurangi trayek jarak jauh seperti Jkt-Surabaya dengan memperbanyak trayek jarak menengah seperti purwokerto – jakarta dan sekitarnya.

Saat ini galuh surya, tunggal jaya dan flores sudah tidak terdengar lagi. Tjipto masih terlihat bebrapa terutama ke arah jember.

Semboyannya bis jatim, biar tarif ekonomi, tapi kecepatan tetap patas eksekutif🙂 Buktinya, masyarakat jatim barat, jauh lebih fanatik terhadap sumber kencono meskipun tidak ada AC dan penuh. Sedangkan MIRA yang kini sudah banyak yg pake AC, penumpang tidak sepenuh SK.

One thought on “Transparansi Keuangan ala Bus Jawa Timur (2)

  1. Marwan Ariono Respati says:

    Kalo bus Flores ‘kan sudah almarhum, Mas. Itu bus pendahulu Eka-Mira Group.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: