Beratnya Menjalankan Amanah Syari’at


Saat ini ummat islam untuk menjalankan agamanya secara murni dan konsekwen (mencontek istilah P4 J ) adalah sangat berat dan sulit. Bukan dari tantangan dalam diri sendiri, tetapi juga tantangan dari pihak lain di luar Islam maupun orang2 yang mengaku dan mengatasnamakan Islam sendiri.

Nabi SAW sudah bersabda dalam salah satu haditsnya, bahwasanya kelak mendekati kiamat menjalankan agama itu seperti memegang bara api di tangan. Bila bara dipegang, akan membakar tangan, tetapi bila dilepaskan akan padam. Begitu pulalah ajaran2 dan syariat yang dituntunkan Allah dan RasulNya kepada kita. Begitu kerasnya tantangan dari luar diri seorang muslim. Terlebih akhir2 ini terutama pasca gembar-gembor perang melawan terorisme.

Betapa semakin banyak sekali perlakuan2 diskriminatif yang dilakukan, terutama oleh pihak2 yang memiliki link atau hubungan dengan pihak2 yang berkepentingan untuk mengobarkan perang melawan terror. Tak kurang pihak kepolisian yang seharusnya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat, dan yang seharusnya adalah representasi dari warga Indonesia yang juga representasi umat islam. Mereka juga memperlakukan hal2 yang tidak wajar. Betapa pesantren2 diawasi, Jama’ah2 juga dicurigai, baik dari inisiatif sendiri maupun atas dasar laporan masyarakat awam. Juga pengajian2 diduga sebagai pengajian yang menyebarkan ajaran terror.

Akhirnya, kita mengalami déjà vu, set back seperti zaman orde baru, di mana kebebasan berpendapat, dan terlebih kebebasan untuk menjalankan sebenar2 syariat ditindas dan dihalangi. Padahal jika kita kaji dan teliti lebih dalam, ajaran2 yang terkandung dalam syariat sepenuhnya 100% baik untuk dijalankan. Tidak percaya ? Islam sangat tidak mentolerir adanya penindasan, perampokan, pembodohan, pemerkosaan, yang dilakukan siapapun.

(bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: