Naik Bus Harapan Jaya, Enak dan Nggak Enaknya


Beberapa kali naik bus malam Harapan Jaya rute Jakarta. Kali pertama sekitar tahun 2006/2007, naik dari terminal Solo. Secara umum, harganya lebih murah pada semua kelas (Eksekutif dan VIP) dibandingkan bus sekelas yang start dari Solo. Kalau dulu selisisihnya di kisaran Rp. 30-an ribu.

Pas naik dari Solo ini, rata-rata armadanya bermesin Mercedes, yang bila ketemu tanjakan jalan di Alas Roban, masih kalah dibanding bus bermesin Hino RG. Memang sekarang sudah banyak yang bermesin Scania atau Mercy terbaru, tapi kok ndilalah belum pernah dapet yang itu.

Yang unik dari bus ini, fasilitas konsumsi untuk kelas Eksekutif selain makan malam ada pula snack pagi berupa minuman kopi, teh, atau kopi susu dengan makanan ringan berupa roti setangkup, atau biskuit, dan terkadang lemper ayam.

Pengalaman Apes

Pernah di sekitar tahun 2008, naik dari Grogol (atau pasar rebo, lupa) ke Magetan, kelasnya VIP atau Eksekutif, pastinya saya lupa. Sampai di Cirebon jam 9 malam, di daerah Tegal Gubug, bus tidak bisa meneruskan perjalanan. Pasalnya, bus baru selesai diservis, tetapi ternyata belum sehat betul. Sama sekali tidak bisa jalan karena bermasalah dengan transmisi dayanya, mungkin di gardan. Akhirnya, jam 2 pagi baru datang bus pengganti dari Jakarta. Jadwal sampai di Magetan yang seharusnya jam 6 pagi menjadi molor berjam-jam, hingga jam 2 siang.

Apes yang ke-dua, hari Senin kemarin. Saya sengaja memilih PO ini karena setahu saya sudah berubah membaik, dan kelasnya juga Eksekutif, tiket 180 ribu, termahal di antara yang lain. Dan berangkatnya termasuk awal karena jam 12 siang sudah harus bergerak dari Magetan. Karena penumpang Magetan hanya 2 orang, dioper ke pool Maospati. Di sana menunggu sekitar sejam baru kemudian berangkat. Armada menggunakan Mercy. Suspensi masih enak, tarikan juga terasa masih kencang. Sepanjang jalan, sayangnya terjebak beberapa titik kemacetan yang tidak bisa didahului. Di kawasan hutan jati Ngawi hingga Sragen, serta lepas Boyolali menuju Solotigo dan Ungaran. Di sini macet antri merayap mencapai 2 jam. Jam 22 baru istirahat di Weleri Kendal.

Tengah malam, sekitar sampai di dekat gerbang tol Brebes, bus terasa panas, karena ternyata sudah berhenti dan mematikan mesin hampir 30 menit. Penyebabnya, kabel gas terlepas. Dengan posisi kerusakan di dekat mesin belakang, tentunya diperlukan upaya ekstra untuk membenahinya, di tengah malam buta minim penerangan. Kontan sekitar sejam terbuang percuma.

Sampai di Jakarta, yang semula diharapkan jam 5 pagi sudah bisa mandi dan siap-siap ke kantor, ternyata molor sampai jam 8. Dan itupun masih harus mampir di Bekasi Timur. Terpaksa turun di sana karena bila memaksakan ke Pasar Rebo terlalu lama sampai di kantor. Akhirnya harapan sampai di kantor on time sebelum jam 8, baru jam 9.30 tiba di sana.

Maka, dengan pengalaman ini, jadi berpikir lagi untuk naik Bus Harapan Jaya rute Magetan – Jakarta karena ternyata armadanya masih belum sebagus rute Jakarta – Tulungagung. Tapi kalo untuk ke Tulungagung, bolehlah dicoba naik.

9 thoughts on “Naik Bus Harapan Jaya, Enak dan Nggak Enaknya

  1. tapi untuk sekarang po harapan jaya armada nya banyak yg baru.sekarang jatah magetan dapat mb 1626 jetbus HD untuk pelayanan&kenyamanan nya tetap no 1..

  2. tolong klo mo promosi po nya di saring lg, supaya konsumen tdk lari / pindah ke po yg lain, seumpama ad konsumen yg kecewa hrs di rubah armada & profesional pekerjanya.

    • mas Monoz, trims sudah mampir.
      Saya tidak promosi, hanya menuliskan pengalaman saya waktu naik bus.
      dan memang satu dua harus ada pembenahan Mas.

      favorit saya, untuk semua kelas dan jurusan bila dinilai secara bersamaan, masih tetaplah SUmber Kencono grup. armadanya banyak, beroperasi 24 jam, bisa dicegat di jalan, tarif kompetitif. pelayanan cukup sopan.

  3. Tapi saya naik bus harapan jaya executive taun 1994 bus mercy yg lama mesin AC msh dibawah, nyaman banget, AC dingin, saya berangkat dr pulo gadung jam 15, sampai madiun jam 04 pagi, makan malam + sarapan pelayanan yg luarbiasa dr awak bus, ini membuat saya jatuh pada PO Harapan Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s