Hanya Transportasi di Jatim


Papan informasi keberangkatan bus di terminal Purabaya Bungurasih

PERNAH melihat papan informasi keberangkatan kendaraan seperti ini? biasanya hanya terdapat di bandara kan? Eit, ternyata anda salah. Ini ada di terminal bus. Atau ini ada di laur negri? kalo anda menganggap Jatim berada di luar negeri, anda benar. Maklum, selama ini kita mengenal public transportation yang ada di indonesia dikelola tidak maksimal. Jadi, mulailah mengubah mindset bahwa banyak perubahan2 kecil yang bisa dilakuian untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat. Ini dibuktikan dengan sedikit sentuhan sederhana.

Informasi yang ditayangkan berisi jalur bus, jam keberangkatan, kelas pelayanan, nama bus, plat nomor, tujuan keberangkatan, serta tarif bawah dan tarif atas. Informasi ini diperbarui seiring jadwal keberangkatan bus dan adanya di terminal keberangkatan ke luar kota.

Papan informasi keberangkatan bus, berisi jam, nopol,nama bus, tujuan, kelas dan batas tarif

Jadi, ingin berjalan2 backpacker naik bus di jatim? baca dulu tulisan ini.

Saya sangat sering wira-wiri berlalu-lalang di terminal purabaya bungurasih Sidoarjo / Surabaya. Namun baru awal juni 2010 kemarin ngeh jika ada fasilitas informasi tersebut. Acungan dua jempol untuk pengelola terminal. Selain papan informasi keberangkatan, di ruang tunggu keberangkatan ini calon penumpang juga dihibur oleh live music. Lumayan, untuk menenangkan suasana terminal yang biasanya penuh hiruk pikuk, apalagi di tengah panasnya Surabaya. Selain di bungurasih, live music juga ada di stasiun pasar turi Surabaya yang juga menghibur calon penumpang.

Selain fasilitas di ruang tunggu, yang membuat oke adalah kepastian jadwal keberangkatan bus. Sebelum diadakannya papan informasi elektronik, sebenarnya jauh2 hari keberangkatan bus sudah cukup tepat waktu dan presisi. Jeda yang paling rapat di kisaran tiap dua menit. Asyik kan bila nunggu di terminal maksimal 2 menit langsung berangkat. Tidak seperti bus wilayah lain yang harus menunggu di kisaran minimal setengah jam.

Selain itu, seperti armada Sumber Kencono, bahkan di beberapa terminal besar jadwal kedatangan dan keberangkatannya dibuat ketat seperti di terminal Madiun, Solo dan Yogya. Jadi sopir sudah terbiasa mengambil istirahat / berhenti hanya di terminal tujuan akhir saja dan itupun tidak lama, hanya maksimal 2 jam.

Sistem ketat seperti ini hanya bisa dilakukan bila perusahaan operator bus menjalankan sistem premi / komisi, bukan sistem setoran. Sebagai contoh, bus Ladju, menurut salah satu kondektur menerapkan sistem komisi (jika tidak keliru) 14:8:6. 14 persen untuk sopir, 8 persen untuk kondektur, dan 6 persen untuk kernet. Sedangkan sisanya untuk perusahaan operator. Misal pendapatan hari itu  1jt, sopir mendapat 140rb, 80 rb untuk kondektur, dan 60rb bagi sang kernet.

Di Sumber Kencono, bahkan kondektur mendapat premi khusus dari tiap karcis / tiket yang diberikan pada penumpang. Beberapa tahun silam besarnya 200rp tiap penumpang. Di musim puncak liburan, sekali perjalanan berangkat, misalnya surabaya – jogja, jumlah penumpang naik turun bus bisa mencapai 150 orang. jika demikian kondektur mendapat tambahan 30rb.

Sistem premi dapat berjalan efektif bila dilakukan kontrol pendapatan dengan misalnya sistem karcis bagi tiap penumpang, serta adanya petugas kontrol khusus yang memeriksa penjualan secara random di tengah jalan. Untuk rute Surabaya – Jogja, rata-rata diperiksa sebanyak 2 – 4 kali. Namun sistem kontrol ini sebaiknya tidak terlalu mengganggu privasi penumpang. Ada satu operator, PO Restu khususnya jurusan Surabaya – Madiun – Ponorogo / Magetan. Saking seringnya, bahkan rata2 satu perjalanan hingga dikontrol 4 kali. Yang terbanyak, pernah hingga 9 kali. Parahnya lagi, kontroler merobek lembar kontrol yang ada di tiap karcis penumpang tanpa terkecuali termasuk penumpang yang tidur. Yang menjengkelkan, penumpang yang sudah dikontrol sebelumnya ikut-ikutan dibangunkan dan ditanya karcisnya. Agak kebangetan memang :(

Sebaran armada penguasa wilayah jatim

Sepengetahuan saya, operator tertentu menguasai transportasi bus umum di jatim. Rinciannya sebagai berikut :

Rute timur

surabaya – pasuruan – probolinggo – situbondo – banyuwangi dikuasai oleh akas dan afiliasinya. Ada Akas NNR, Akas Asri, dan juga Indonesia Abadi. begitu juga untuk Jember – Banyuwangi. Adapun rute surabaya – probolinggo – jember dikuasai akas dan Ladju. Dari rute ini dapat juga dilanjutkan ke kota yang berdekatan, seperti bondowoso yang dapat dicapai dari situbondo, serta lumajang dari wonorejo (jalur probolinggo – jember).

Jika menggunakan bus kelas ekonomi di jalur ini, akan lebih cepat jika menggunakan sistem putus-putus alias oper pindah ke bus di depannya, daripada harus antri menunggu lebih setengah jam. Ini biasa dilakukan di kota Probolinggo, Jember, dan Situbondo.

Rute tengah

Surabaya – Malang, kelas ekonomi mayoritas trayek dikuasai Restu. Ada juga bus lain sperti Akas grup, dan kalisari. Namun tidak sebanyak restu. Selain malang, restu juga melebarkan jangkauan hingga malang timur dan blitar. Adapun kelas patas, dibagi agak berimbang oleh Kalisari, Menggala, dan Hafana. Salah satu armada patas di hari jum’at, seluruh awaknya mengenakan pakaian batik plus peci hitam. Sangat menarik bukan ?

Rute Barat

Untuk barat (agak timur) surabayaa – jombang – kediri – tulungagung dikuasai oleh harapan jaya baik kelas ekonomi maupun patas. Sedangkan rute langsung surabaya – trenggalek didominasi Sri Lestari dan Surya Perdamaian. Di jalur ini juga beroperasi bus patas tujuan blitar yang mengambil rute surabaya – njkerto – jombang – pare (kab kediri) – wates – kota blitar.

PO Sumber Kencono, rute Surabaya – Yogyakarta di terminal Maospati, Magetan

Bila ingin mengambil rute jalur selatan, katakanlah dari pacitan ke banyuwangi, menggunakan angkutan umum lebih disarankan sebagai berikut : Pacitan – Ponorogo – Trenggalek – Tulungagung – Blitar – Malang. Di malang sendiri bisa memilih rute jalur tengah atau selatan. Jalur tengah berarti berganti terminal dari Gadang (atau penggantinya) menuju Arjosari yang selanjutnya naik bus menuju jember. Bila tetap di jalur selatan tidak perlu ke Arjosari, tetapi langsung naik bus jurusan Lumajang. Dari lumajang menuju jember. Dan selanjutnya mengambil rute final ke Banyuwangi via gunung Gumitir. Semua rute selatan ini jika menggunakan bus ekonomi harus dilakukan secara estafet karena jangan sampai kehabisan waktu karena antri di terminal.

Untuk jalur selatan, Surabaya – madiun – Ponorogo, dikuasai Restu, Jaya grup, serta beberapa Akas. Sebelumnya didominasi Akas dan ITA (grup Eka – Mira) yang trayeknya sudah dijual. Kota yang dilewati adalah surabaya – mojokerto – jombang – nganjuk – madiun – ponorogo. Sampai ponorogo bertarif Rp. 22 ribu.  Kota yang dapat dijangkau selanjutnya adalah Pacitan. Sebenarnya ada juga bus langsung Aneka Jaya Surabaya – Pacitan, tetapi sehari baru memiliki 4x jadwal keberangkatan dengan tarif Rp. 40rb.

Untuk jalur barat tengah surabaya – madiun – solo – yogya, didominasi dua besar, yakni sumber kencono dan Mira untuk kelas ekonomi. Dari jumlah armada lebih banyak Sumber kencono, tetapi dari kualitas bus, masih unggul Mira dengan armadanya yang terbaru dengan fasilitas AC dan televisi. Tarifnyapun relatif sama. Yang dilalui adalah surabaya mojokerto jombang nganjuk madiun maospati ngawi – sragen – solo – klaten – yogya.

Salah satu armada PO MIRA Surabaya – Yogya ketika mengisi bahan bakar

Kota yang dapat dijangkau rute ini melalui Maospati adalah Magetan. Sebenarnya ada juga bus langsung surabaya – magetan yang dilayani Restu dan Indrapura (Tarif ekonomi 22rb, patas 45rb). Tetapi jadwalnya dalam sehari hanya sedikit.

Adapun kelas patas, dikuasai EKA yang masih satu perusahaan dengan MIRA. Bagusnya lagi, meskipun patas, bus ini beroperasi 24 jam. Jadi jangan khawatir jika malam2 harus bepergian di jalur yang dilayani, masih ada bus yang siap dicegat. Bus ini tidak melewati kota madiun melainkan berbelok kanan di caruban melewati daerah karangjati dan tembus di kota ngawi. Selain itu sama dengan kelas ekonomi. Tarif surabaya – madiun Rp. 20 rb, surabaya – yogya patas Rp 68rb. Dan Surabaya – Solo Patas Rp. 53 Ribu.

Awak bus di Jatim, dikenal dengan seragam merah-nya

Rute Barat Pantura

Untuk jalur surabaya – lamongan – tuban – semarang dikuasai jaya utama grup yang melayani kelas ekonomi dan patas. Sedangkan rute surabaya lamongan bojonegoro cepu dikuasai po indonesia yang juga masih satu grup dengan Jaya Utama. Adapun jalur pinggir pantai seluruhnya surabaya gresik lamongan utara (paciran, brondong) dilayani oleh armada bus kecil dari terminal surabaya osowilangun yang rencananya akan dipindah ke terminal bunder gresik. (SON)

About these ads

53 thoughts on “Hanya Transportasi di Jatim

    • sidoarjo (bungurasih / purabaya) ke jombang banyak yg melayani.
      Ekonomi : ada Sumber Kencono Grup (Sumber Selamat, Sugeng Rahayu), Mira, Harapan Jaya, Restu, Akas, dll. (sekitar 8 – 10 ribu)
      Patas : EKA, harapan jaya (sekitar 25 rb)

      trims sdh mampir

    • yang kelas eksekutif :
      – Rosalia Indah, tiket 70 ribu hari biasa. tapi berangkatnya tidak setiap saat (sehari hanya beberapa kali). atau
      – EKA : tiket 56 ribu (kalo nggak salah), berangkat tiap 20-an menit, ada terus 24 jam.

      kelas ekonomi :
      – SUmber Kencono Group (Sumber Selamat, SUgeng Rahayu) & Mira, tarif 28 ribu, berangkat tiap 2-10 menit, ada terus 24 jam.

    • Mas Joko, kalo kelas Ekonomi (ada yg pake AC dan ada yg tidak), dari yogya naik Mira / Sumber Slamet/ Sugeng Rahayu / Sumber Kencono, turun di Kertosono Mbraan. di sana oper bus ke trenggalek (Pelita Indah, Harapan Jaya, Sri Lestari, dll, ada yg pake AC dan ada yg tidak). Dan ingat, yg sampe trenggalek, karena yg patas biasanya hanya sampai tulungagung.

  1. kalau dari gresik ke semarang naik bis apa? harganya berapa mas? n jadwal kbrangkatannya jam berapa n hari apa adja?
    trims,

    • yg ekonomi 24 jam ada terus, intervalnya kurang tahu, tp sepertinya nggak nyampe 30 menit sekali juga berangkat. tarif sekitar 30-40 rb sepertinya

      klo yg patas operasinya terbatas, antara jam 6 pagi sd 23-an di masing2 tempat. tarif sekitar 60 rb.

      semua lewat term. bunder gresik kok, termasuk yg patas.

  2. mw tnya nich,.

    clw naik bus jaya utama dari trminal bunder kira kira kalau pagi itu jm berapa ya….

    soal’a ni mw ke blora ,…

    thx info’a

  3. Mau Tanya saya Dari Jakarta mau ke Magetan kalau Dari bandara Surabaya mau ke Magetan rutenya naik apa Aja ya

    • ada Pahala Kencana jurusan bojonegoro klo nggak salah.
      tanya aja yg ke bojonegoro, biar nggak mampir di bungurasih.
      nanti di gresik tanya aja keluar tol di mana, biasanya sih term bunder.

    • rutenya :
      1. Gresik ke Bungurasih :
      bisa dari term bunder atau dari term osowilangun. ongkos spertinya di bawah 10 rb

      2. Bungurasih ke Madiun :
      naik Mira, Sumber Selamat, Sugeng Rahayu, Restu, Akas, Aneka Jaya, dll
      ongkos di kisaran 23 ribu sepertinya.

  4. saya mau ke magetan dari terminal bus mojokerto yang sip pake bus apa? berapa tarifnya? jam pemberangkatannya? ni adalah pertama kalinya saya mau ke magetan? mohon di jawab…….!!!!!!!

    • klo yg langsung tp jarang busnya, pake Restu yg magetan. Tp klo mau yg tiap saat ada, naiknya Sumber Selamat, Sugeng Rahayu atau Mira yg tujuan Yogya, turun maospati. nyambung bus 3/4 ke magetan.

  5. terima kasih Mas tapi 3 hari baru sempat dijawab ya ? He…he…he
    Btw sekali lagi matur nuwun akan saya coba nanti
    Saya prnh cb phl kcn busnya mmng bagus euro 4 tp lelet dari jdwalnya muter-muter dlm kota aja lebih 4 jam dari agen ke agen trs ke terminal

  6. kalau dari bungurasih ke tuban naik bus apa yah ??
    dan berapa tarif nya untuk kelas ekonomi..
    maaf sebelum nya .. kasih sedetailnya .. karena saya baru sekarang ingin naik bus. agak tidak faham saya :D

    • Pak Andrias, dari Bungurasih ke Tuban naik bus jurusan Semarang aja.
      ada PO Indonesia, Jaya Utama, Sinar Mandiri. Setahu saya utk PO Indonesia & SM ada kelas ekonominya. tarif kurang tau persisnya, mungkin di kisaran 20-an ribu.

  7. kalo full umum mungkin bs dicoba sbb :
    A. via osowilangun :
    1. naik angkot jurusan osowilangun
    2. naik bus jur bungurasih
    3. naik bus jur magelang (patas, eka)
    atau ekonomi jur jogja (sumber slamet, sugeng rahayu, mira)

    B. via bunder :
    1. naik angkot ke bunder
    2. naik bus ke bungurasih (biasanya yg dari semarang/bojonegoro)
    3. naik bus jur magelang (patas, eka)
    atau ekonomi jur jogja (sumber slamet, sugeng rahayu, mira)

    • kalo yg terdekat seprtinya via jombang.
      Bus dari Tuban – Naik di Babat – Jombang.
      di Jombang Nyambung yg dari Surabaya ke Ponorogo.
      tarif nggak tau Mas.

      Tapi kalo yg rute jarak jauh : Lamongan – Surabaya, Surabaya – Ponorogo

  8. kalau dari mantingan ngawi mau ke ponorogo naik bus apa, apa bisa satu bus atau nyambung bus lain, kira kira berapa tarifnya ? tks

    • naik aja Sumber Slamet/Sugeng Rahayu / Mira arah Madiun, turun di term Madiun.
      nyambung lagi bus ke Ponorogo. biar cepet bus yg dari Surabaya. tp kalo penuh bisa pake bus Madiun – Ponorogo, meski agak lama dan tarifnya lebih mahal.

      Mantingan – Madiun 24 jam ada terus, tapi kalo Madiun Ponorogo nggak 24 jam. ada jedanya.

  9. kalau dari mantingan ngawi mau ke ponorogo naik bus apa, apa bisa satu bus atau nyambung bus lain, kira kira berapa tarifnya ? Apakah 24 jam . tks

  10. Mas mau nanya,besok saya mau ikut job fair di GOR Mojopahit Mojokerto, Kalau dari Ponorogo baik bus apa ya? dan turun dimana?

    • Mas mau nanya,besok
      saya mau ikut job fair
      di GOR Mojopahit
      Mojokerto, Kalau dari
      Ponorogo naik bus apa
      ya? dan turun dimana?

      • Maaf mas, baru membaca. GOR mojopahit tepatnya di sebelah mana, saya juga blom tahu. kmungkinan bisa di term mojokerto atau di Pemandian (mojokerto kota stlh terminal). naik bis apa aja yg tujuan surabaya.

        2014-10-14 8:23 GMT+07:00 m :

        > Edi Purnomo commented: “Mas mau nanya,besok saya mau ikut job fair di > GOR Mojopahit Mojokerto, Kalau dari Ponorogo naik bus apa ya? dan turun > dimana?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s