Pepatah Arab yang Luar Biasa


Semasa di MTs dahulu, diajarkan pelajaran Mahfudhot yang sedikit banyak menjadi salah satu motivasi dalam hidup. Yang pertama diajarkan adalah : “Man Jadda Wajada” yang berarti, barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia mendapatkannya. Hanya tiga kata yang sangat pendek. Tetapi dari kedalaman makna yang dikandung, Subhanallah, luar biasa dalam dan mengena.

Betapa tidak, terutama di masa2 globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, serta tingkat persaingan sesama individu anak manusia yang sudah sampai tahap yang membahayakan, tentunya motivasi untuk tetap maju, pantang menyerah dan bersungguh2 menjadi kebutuhan yang utama.

Dari makna yang terkandung, senatiasa menyemangati kita untuk tetap konsisten dengan kesungguhan kita dalam mengusahakan segala sesuatu, tanpa kenal lelah apalagi menyerah. Di akhir proses yang telah diusahakan dengan segala tekad, dijanjikan kata kepastian akan hasil yang sesuai dengan kesungguhan tersebut.

Tentunya, kita harus sabar dalam menjalaninya, sebagaimana mahfudhot “Man Shobaro Dhofiro”, alias barang siapa yang mampu bersabar maka akan mendapatkan selama tetap dalam trek, sesuai jalurnya. “Man Saaro ‘ala Ad-Darbi Washola” yang berarti barang siapa berjalan pada trek lintasannya, maka ia akan sampai pada tujuannya.

Itulah tiga buah pepatah yang pertama kali diajarkan kepada saya di madrasah tahun 1993 silam yang masih sangat relevan untuk dijadikan motivasi. (SON)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s